Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 3, No 2 (2021)

PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI WEBSITE SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN AKIBAT PANDEMI COVID 19

Wayan Sudarsana (Program Studi Magister Pendidikan Fisika Fakultas Pascasarjana Universitas Sebelas Maret)
Sarwanto Sarwanto (Program Studi Magister Pendidikan Fisika Fakultas Pascasarjana Universitas Sebelas Maret)
Ahmad Marzuki (Program Studi Magister Pendidikan Fisika Fakultas Pascasarjana Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengembangan e-modul fisika berbasis discovery learning terintegrasi website menjadi kebutuhan dalam pembelajaran fisika yang disebabkan oleh pandemi covid 19. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian pendahuluan dengan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif dan instrumen yang digunakan berupa angket (kuesioner). Subyek penelitian ini yaitu 28 guru SMA yang terdiri dari 28 Sekolah tersebar di dua provinsi Jawa Timur dan Sulawesi Tengah. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dari jawababan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini menunjukkan bahwa: akibat adanya pandemic covid 19 pembelajaran yang berlangsung menjadi online sehingga guru membutuhkan bahan ajar sekaligus media yaitu modul elekronik karena bersifat praktis yang dapat digunakan tanpa pembelajaran tatap muka. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dibutuhkan pengembangan e-modul fisika berbasis discovery learning terintegrasi website sebagai alternatif pembelajaran di masa covid 19

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...