Instrumentasi
Vol 44, No 2 (2020)

Perbandingan Pengukuran Salinitas Air antara Metode Daya Hantar Listrik dan Massa Jenis untuk Aplikasinya pada Bidang Pertanian.

Jalu Ahmada Prakosa (Pusat Penelitian Fisika-LIPI)
Bernadus H. Sirenden (Pusat Penelitian Fisika-LIPI)
Dadang Rustandi (Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI)
Budi Kartiwa (Unknown)
Sensus Wijornako (Balai Penelitian Agroklimat Dan Hidrologi (Baliklimat) Kementrian Pertanian RI)
Tatik Maftukhah (Puslit Fisika LIPI)
Purwowibowo Purwowibowo (Puslit Fisika LIPI)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2020

Abstract

Pengukuran tingkat keasinan (salinitas) air banyak digunakan untuk aplikasi pertanian khususnya di daerah pesisir. Akurasi pengukuran salinitas air sangat penting selain pertimbangan biaya dan kemudahannya karena setiap tanaman pangan memiliki toleransi salinitas yang berbeda. Bahkan pengukuran salinitas sangat berguna dalm bidang pertanian dalam penelitian toleransi tanaman pangan tersebut terkait pemanfaatan potensi lahan salin. Metode pengukuran berbasis daya hantar listrik dan massa jenis akan diinvestigasi perbandingan nilai kesalahan dan ketidakpastian pengukurannya karena alat ukur yang menggunakan keduanya masih banyak digunakan di pasaran. Sampel alat ukur yang menerapkan metode daya hantar dan massa jenis di pasaran dapat digunakan dalam penelitian ini. Natrium klorida digunakan sebagai nilai referensi dengan teknik gravimetrik sesuai definisi salinitas air. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan pengukuran salinitas air antara daya hantar listrik dan massa jenis secara kuantitatif dengan sampel alat ukur yang beredar di pasaran untuk aplikasi pada bidang pertanian. Dari hasil eksperimen, didapatkan metode daya hantar listrik memiliki kesalahan lebih baik 3 kalinya, namun untuk salinitas rendah di bawah 15 PPT cenderung terjadi kesalahan acak dan ketidaklinearan. Akurasi sekitar 5% bahkan 3% untuk hidrometer salinitas dapat dicapai dengan kalibrasi dan penyetelan alat untuk memenuhi kebutuhan pengukuran salinitas pada bidang pertanian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ji

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Physics

Description

Instrumentasi is a scientific journal with high standard of papers that issued biannually by the National Standardization Agency (BSN). In its first years, Instrumentasi was categorized as a scientific publication in the field of measuring techniques and measuring instruments which has been rapidly ...