LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol 7, No 1 (2022): Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MAHASISWA MELALUI METODE CIRC TERINTEGRASI DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL

Nur Mei Ningsih (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)
Asep Hardiyanto (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman mahasiswa setelah diberi treatmentpengajaran dalam bentuk metode pembelajaran Cooperative Integrated Readingand Composition (CIRC) terintegrasi media pembelajaran digital berbasis Sparkol Videoscribe. Artikel ini merupakan sebuah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang melibatkan mahasiswa semester III Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Kotabumi sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan siklus yang dikembangkan oleh Kemmis & McTaggart yang terdiri atas planning, action, observing, dan reflection. Setelah dilakukan tindakan selama dua siklus, hasil menunjukan bahwa ada peningkatan signifikan yang terjadi pada keterampilan membaca pemahaman mahasiswa. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran CIRC terintegrasi media pembelajaran digital dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bagi mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Linguistik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra berisi artikel-artikel ilmiah tentang bahasa, sastra, linguistik, dan hubungannya dengan pengajaran, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Artikel yang dimuat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan pembahasan ...