NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 5 (2022): NUSANTARA :Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

UPAYA AMERIKA DALAM MENGHADAPI ANCAMAN TIONGKOK DI LAUT CHINA SELATAN MELALUI PENGAKTIFAN THE QUADRILATERAL SECURITY DIALOGUE (QUAD)

Vero Alfiansyah (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia)
Havidz Ageng Prakoso (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian adalah meneliti upaya Amerika melalui The Quadrilateral Security Dialogue dalam menghadapi ancaman Tiongkok di laut China Selatan. Tiongkok telah menjadi ancaman bagi negara utama seperti Amerika dan kawasan Asia di Laut China Selatan. Untuk mencegah dampak Tiongkok di laut China selatan, Amerika membentuk aliansi dialog QUAD. The Quadrilateral Security Dialogue (QUAD) adalah dialog strategis antara Amerika Serikat, Australia, India dan Jepang yang dikelola oleh pembicaraan antara negara-negara anggota. Dalam menghadapi ancaman Tiongkok di laut China Selatan, artikel ini membahas keunggulan QUAD dalam menghadapi kehadiran Tiongkok di laut China Selatan. Teori utama yang digunakan artikel ini adalah Balance of Threat dari Stephen Walt. Hasil dari artikel ini akan menunjukkan  keunggulan QUAD dari letak geografi, sumber daya, persenjataan, serta program latihan perang bersama. Keunggulan tersebut digunakan QUAD dalam menghadapi kehadiran China di laut China Selatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...