Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
Vol 10 No 1 (2022): Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TERHADAP NILAI NASIONALISME DALAM LAGU INDONESIA RAYA

Lendry Sekawael (Program Studi PPKn, Universitas Pattimura)
Lisye Salamor (Program Studi PPKn, Universitas Pattimura)
Remon Bakker (Program Studi PPKn, Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
27 May 2022

Abstract

Abstrak, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap aspek Nilai Nasionalisme yang terkandung dalam lagu kebangsaan Indonesia raya.penelitian ini merupakan penilitian kualitatif deskriptif. subejek Penelitian dalam Penelitian ini adalah 8 siswa kelas XII IPA3 , dan 2 orang Guru PPKN, wakasek kurikulum serta kepalah sekolah yang menjadi informan. Hasil penelitian yang ditemukan adalah Pemahaman Siswa Terhadap Nilai Nasionalisme Yang Terkandung Dalam Lagu Kebangsaan Indonesia Raya bahwa Siswa SMA Kristen YPKPM Ambon memiliki pemahaman yang baik terhadap lagu kebangsaan Indonesia Raya khususnya stanza pertama, namun pada stanza ke dua dan ke tiga mereka tidak mengetahui syair lagu tersebut. Sehingga berdampak pada pemahaman terhadap makna nilai nasionalisme dari lagu Indonesia Raya tersebut. Stanza pertama Lagu Indonesia Raya dinyanyikan setiap upacara bendera disekolah dalam menyanyikan lagu ini siswa memiliki sikap tegak atau sikap siap yang merupakan sikap yang wajib ditunjukan dalam menghormati dan menghargai lagu kebangsaan tersebut. Siswa kemudian mengkaji dan memahami ternyata nilai nasionalisme dapat dijumpai dalam lagu Indonesia raya oleh karena, guru PKn sudah mengenalkan konsep nasionalisme kepada siswa dengan demikian siswa sudah mudah memahami nilai-nilai nasionalisme dari lagu Indonesia Raya baik stanza 1, 2 dan 3. Peran guru PKn dalam membina nilai Nasionalisme yang terkandung dalam lagu kebangsaan Indonesia Raya bahwa Nilai Nasionalisme yang terkandung dalam lagu kebangsaan Indonesia raya perlu di pahami oleh siswa oleh sebab itu dalam materi-materi pembelajaran yang memuat nilai-nilai nasionalisme, guru PKn aktif dalam mengenalkan nilai-nilai nasionalime dengan kenyataan atau objek lain yang memiliki hubungan dengan nilai nasionalisme tersebut. Guru PKn harus menunjukan sikap nasionalisme terlebih dahulu. Seperti peribahasa Guru Kencing Berdiri, Murid Kencing Berlari yang bermakna bahwa apapun yang dilakukan oleh guru, akan ditiru oleh murid, Oleh sebab itu guru harus menjadi contoh dan teladan, selain itu juga guru harus kreaktif dalam menggunakan model-model pembelajaran dan mengunakan bahan-bahan ajar yang menyetuh langsung pada objek dari pembelajaran yang diajarkan. Proses pembinaan nilai Nasionalisme bagi siswa melalui pendidikan kewarganegaraan hal ini dikarenakan kurikulum PKn menghendaki sikap siswa harus sesuai dengan Pancasila salah satunya siswa harus memiliki sikap nasionalisme. Upaya sekolah dalam membentuk sikap Nasionalisme yang terkandung dalam lagu kebangsaan Indonesia Raya yaitu mengagendakan dalam program atau kegiatan yang senantiasa di lakukan dalam membina sikap nasionalisme yang terkandung dalam lagu kebangsaan Indonesia Raya bagi siswa di sekolah. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan ialah kegiatan ekstrakulikuler dan non kulikuler yang dilakukan dalam menyiapkan dan membentuk siswa untuk memiliki semangat dan jiwa nasionalisme.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, theory of learning, and dinamika ...