Journal of Communication Sciences (JCoS)
Vol 4, No 2 (2022): April 2022

STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS HOTEL NEO MALIOBORO DALAM MENINGKATKAN PENGUNJUNG DI MASA PANDEMI COVID-19

Wahyu Rasyidi (Universitas ahmad dahlan)
Mufid Salim (Universitas ahmad dahlan)



Article Info

Publish Date
17 May 2022

Abstract

Hotel NEO Malioboro adalah salah satu penginapan berbintang tiga yang ada di Yogyakarta. Hotel yang berada bawah manajemen Archipelago International ini menjanjikan brand yang kekinian dengan ruang interior yang modern dan cantik. NEO Malioboro menjadi andalan pariwisatawan luar kota untuk menginap karena letaknya yang sangat strategis dari pusat kota. Virus Corona membuat Hotel NEO Malioboro kehilangan pengunjung. Kebijakan pemerintah yang berujung pada pembatasan kegiatan masyarakat membuat pariwisata kembali ditutup demi terputusnya mata rantai penyebaran Virus Corona.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran dan penanganan seorang public relations menghadapi situasi pandemi dan krisis pengunjung yang sedang menimpa Hotel NEO Malioboro. Semua langkah-langkah public relations Hotel NEO akan dianalisa dalam menangani krisis pengunjung dan meningkatkan brand posoitif ke ranah publik. Oleh sebab itu peran public relations sangatlah diperlukan untuk mengatasi potensi tersebut agar Hotel NEO tidak tutup usia diterjang badai pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, dengan Hotel NEO Malioboro sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berdasarkan wawancara secara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Narasumber merupakan public relations, Director of sales, dan Grapich designer, sedangkan tiga narasumber lagi berasal dari responden/pengunjung. Analisis data dibagi menjadi tiga tahap yaitu reduksi data, display data, verifikasi dan simpulan. Metode triangulasi menjadi salah satu pengukur keabsahan dan kebenaran data melalui validasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing yang dilakukan public relations menggunakan pola pull strategy, pass strategy, dan push strategy dengan cara mempertahankan loyalitas pelanggan kemudian dibreakdown dengan proses strategi public reations melalui tahap defining problem, planning and programming, taking action and communication, dan diakhiri dengan evaluation. Jumlah pengunjung Hotel NEO Malioboro mengalami peningkatan yang drastis setelah PPKM. Menurut data insight viewers di berbagai media sosial juga mengalami peningkatan. Penggunaan strategi marketing public relations bisa dikatakan mampu menarik pengunjung kembali pada Hotel NEO Malioboro yang mengalami krisis pengunjung. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JCoS

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Communication Sciences (JCoS) is an academic journal concerned with the study of mass media studies, new media studies, film studies, interpersonal communication studies, group communication studies, organization communication studies, political communication studies, public relations ...