Journal of Communication Sciences (JCoS)
Vol 4, No 1 (2021): Oktober 2021

Politik Uang di Pemilu Indonesia: Sebuah Tinjauan

Zulkarnain Hamson (Universitas Indonesia Timur)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Politik uang di Pemilihan Umum (Pemilu), nasional maupun lokal, telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam perkembangan demokrasi di Indonesia. Kajian ini bertujuan mengungkapkan penyebab timbulnya politik uang di pemilu nasional maupun lokal. Kajian ini menggunakan data jurnal yang terbit dan dipilih dalam kurun waktu 2015 hingga 2019. Hasilnya kajian ini memberikan gambaran praktik jual beli suara, telah menjadi bagian yang tidak terkendali dalam pelaksanaan Pemilu, baik lokal maupun nasional di Indonesia. Pemilu nasional maupun pemilu lokal, telah terkontaminasi dengan prilaku uang. Implikasi penting kajian ialah politik uang dalam pemilu perlu segera mendapat perhatian dan solusi terbaik, karena akan menjamin kestabilan dan kualitas demokrasi Indonesia di masa depan. Metodologi yang digunakan meliputi: 1) mendefinisikan pertanyaan penelitian; 2) penentuan sumber literatur; 3) penentuan kata kunci pencarian literatur; 4) Pemilihan literatur; dan 5) mengekstrak data. Berdasarkan metodologi, hasil yang diperoleh berisi 10 makalah. Ada 10 studi yang mengangkat topik politik uang dalam pemilu, baik lokal maupun nasional, dan berbagi pengetahuan yang menjelaskan bahwa kedua komponen tersebut saling mempengaruhi. Kajian lanjutan boleh dilakukan dengan meneliti sejauh mana politik uang boleh digunakan sebagai biaya politik dalam kampanye, namun terkontrol dan tidak melanggar aturan hukum. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JCoS

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Communication Sciences (JCoS) is an academic journal concerned with the study of mass media studies, new media studies, film studies, interpersonal communication studies, group communication studies, organization communication studies, political communication studies, public relations ...