Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT)
Vol. 3 No. 4 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (Maret 2022)

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN LARI GAWANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT YANG DIMODIFIKASI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Nine Sini Sea (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)
Atri Widowati (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)
Akhmad Habibi (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2022

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk : (1) mengetahui performa dari pengembangan video pembelajaran lari gawang dengan menggunakan alat yang dimodifikasi untuk siswa sekolah dasar, (2) mengetahui keefektifan video pembelajaran lari gawang dengan menggunakan alat yang dimodifikasi untuk siswa sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis-Desain-Development-Implementation-Evaluation). Model ini terdiri dari lima tahap, yaitu: tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan video pembelajaran lari gawang dengan mengunakan alat yang dimodifikasi dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: 1) hasil validasi ahli materi dari validasi tahap I diperoleh hasil persentase sebesar 64,6% dengan kriteria cukup layak, kemudian dilakukan perbaikan sesuai dengan saran ahli materi dan dilakukan validasi tahap II diperoleh hasil persentase 92,3% dengan kriteria sangat layak, 2) hasil validasi ahli media dari validasi tahap I di peroleh hasil persentase sebesar 66,3 % dengan kriteria cukup layak, kemudian dilakukan perbaikan sesuai dengan saran ahli media dan dilakukan validasi tahap II diperoleh hasil persentase 71,6% dengan kriteria layak; (2) keefektifan video pembelajaran lari gawang dengan menggunakan alat yang dimodifikasi berdasarkan hasil uji coba lapangan, meliputi uji coba guru PJOK diperoleh 93% dengan kriteria sangat layak, (3) penggunaan video pembelajaran lari gawang dengan menggunakan alat yang dimodifikasi berdasarkan uji coba lapangan, meliputi:1) uji coba kelompok kecil yaitu 10 siswa diperoleh hasil 82,8% dengan kriteria layak, 2) uji coba kelompok besar dengan 25 siswa kelas IV di SD Negeri 205/IV Kota Jambi, diperoleh hasil 87,7% dengan kriteria layak. Pengembangan ini telah membuktikan bahwa video pembelajaran lari gawang dengan menggunakan alat yang dimodifikasi untuk siswa sekolah dasar layak, efektif dan baik. Berdasarkan hal tersebut, pengembang menyarankan kepada berbagai pihak terutama guru PJOK pada tingkat SD/Mi kelas IV agar menggunakan video pembelajaran lari gawang dengan menggunakan alat yang dimodifikasi sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIMT

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen dan Ekonomi. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT) memiliki tujuan sebagai berikut: Menyediakan sarana publikasi ...