Journal of Industrial Engineering and Operation Management (JIEOM)
Vol 5, No 1 (2022)

ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN DISTRIBUSI MENGGUNAKAN METODE PDSQ PADA UD. ZAHRA BAROKAH

Ahmad Rahmad Romdloni (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Dzakiyah Widyaningrum (Universitas Muhammadiyah Gresik)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2022

Abstract

UD. Zahra Barokah merupakan perusahaan yang bergerak pada pengolahan kerupuk ikan. Terdapat keluhan dari konsumen kepada perusahaan yaitu kecepatan waktu pengiriman produk, kurangnya kualitas produk, dan kurangnya informasi yang dijual. Penelitian ini berencana untuk memutuskan seberapa puas konsumen dengan administrasi perusahaan dan untuk mencari kebutuhan mana yang dianggap penting untuk peningkatan kinerja perusahaan. Physical Distribution Service Quality (PDSQ) sebagai instrumen pada penelitian ini. melalui penyebaran angket kepada 55 responden. Pengolahan data penelitian ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis GAP, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA). Semua atribut pernyataan dinyatakan valid dan reliabel. Pada atribut kualitas produk menempati peringkat pertama kesenjangan sebesar (-1.76) dan dimensi Timeliness (-1.22). Pada perhitungan CSI dihasilkan tingkat kepuasan pelanggan sebesar 59% artinya masuk kategori cukup puas. Selanjutnya dalam analisis IPA diketahui ada 3 atribut prioritas yang perlu ditingkatkan perusahaan yaitu atribut kecepatan waktu pelayanan pemesanan, kecepatan waktu pengiriman produk, dan kualitas produk.Kata Kunci:  Kepuasan Pelanggan, PDSQ, CSI, IPA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jieom

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Journal of Industrial Engineering and Operation Management (JIEOM) merupakan Jurnal Ilmiah Teknik Industri yang diterbitkan sebanyak 2 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Juni dan November. Bidang fokus Journal of Industrial Engineering and Operation Management (JIEOM) adalah sebagai berikut : ...