Jurnal Basicedu
Vol 6, No 3 (2022): June Pages 3200-5500

Interaksi Sosial Siswa Beda Agama di Sekolah dan Masyarakat

Hendra Harmi (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi sosial siswa beda agama di sekolah dan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Penelitian survey adalah penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner atau panduan wawancara sebagai alat pengumpul data yang pokok. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar panduan wawancara terstruktur. Wawancara terstruktur adalah wawancara yang dilakukan oleh pengumpul data yang telah menyiapkan instrumen penelitian berupa pertanyaan-pertanyaan tertulis. Berikut ini adalah tabel kisi-kisi panduan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 1 Rejang Lebong dan SMAN 2 Rejang Lebong dengan sampel berupa 90 orang siswa dari kelas X dan kelas XI dari SMAN 1 Rejang Lebong dan SMAN 2 Rejang Lebong yang diambil dengan teknik purpossive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola interaksi sosial antar siswa beda agama sudah terjalin dengan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...