Jurnal Basicedu
Vol 6, No 3 (2022): June Pages 3200-5500

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual terhadap Hasil Belajar pada Pelatihan Kewirausahaan

Robby MT (Universitas Pendidikan Indonesia)
Mustofa Kamil (Universitas Pendidikan Indonesia)
Asep Saepudin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Oong Komar (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Terhadap Hasil Belajar peserta pelatihan kewirausahaan . Metode penelitian yang digunakan adalah metode expost facto dengan bentuk penelitian studi hubungan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap hasil belajar peserta pelatihan kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual dinilai cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar kewirausahaan Ini terlihat dari t hitung > t tabel (5,657>1,9842) yang menunjukkan adanya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dengan perhitungan regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y=52,657+0,466X, yang artinya jika penggunaan media pembelajaran audiovisual (X) bernilai 0 (nol), maka hasil belajar bernilai 52,657. Dan jika penggunaan media pembelajaran audiovisual (X) mengalami kenaikan 1, maka hasil belajar akan mengalami peningkatan sebesar 0,466. Koefisien determinasi pada penelitian ini menunjukkan kontribusi pengaruh media pembelajaran audiovisual terhadap hasil belajar sebesar 25,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...