Jurnal Basicedu
Vol 6, No 3 (2022): June Pages 3200-5500

Analisis Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling dalam Menanamkan Karakter Jujur dan Mandiri Peserta Didik pada Saat Pembelajaran Daring

Siti Khotimah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ratnasari Dyah Utami (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Pembelajaran daring sangat memberikan dampak bagi siswa, perlu adanya layanan bimbingan konseling dalam menanamkan karakter mandiri dan jujur peserta didik di SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk layanan bimbingan konseling yang dilakukan guru dalam menanamkan karakter mandiri dan jujur peserta didik di SD Muhammadiyah 16 Surakarta dan Mengetahui kendala dan solusi yang dialami guru dalam menanamkan karakter mandiri dan jujur pada saat pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam melakukan penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian di SD Muhammadiyah 16 Surakarta bentuk layanan bimbingan konseling yang dilakukan guru pada saat pembelajaran daring yaitu layanan dasar, layanan perencanaan dan layanan individual, layanan responsif dan layanan dukungan sistem.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...