Bio-Lectura
Vol. 9 No. 1 (2022)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GROUP TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH BATAM

Nurhaty Purnama Sari (Universitas Riau Kepulauan)
Sahika Della (Universitas Riau Kepulauan)
Fenny Agustina (Universitas Riau Kepulauan)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jenis penelitian ini pre eksperimen. Bentuk desain yaitu the one group pretest posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah hanya kelas XI IPA, sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik penggumpulan data menggunakan soal objektif pilihan berganda sebelum pembelajaran dimulai dan berakhirnya proses pembelajaran. Uji prasyarat analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunaka uji kolmogorov smirnov yang diperoleh data berdistribusi normal asymp.sig (2-tailed) 0,193 > 0,05. Uji homogenitas menunjukkan data homogen karena nilai signifikan 0,086 > 0,05. Setelah itu dilanjutkan dengan uji prasayat paired t-test dengan nilai sig.(2-tailed) 0,000<0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran team games tournament (TGT) menggunakan media teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Batam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BL

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print ...