PENGARUH SISTEM KEUANGAN DAN KEBIJAKAN MONETER TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PADA ERA ORDE BARU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
Vol 3 No 8 (2021): Syntax Idea

Analisis Kestabilan Lereng pada Ruas Jalan Nimbontong-Taja-Lereh Di KM 123+700

Alfian Adie Chandra (Universitas Cenderawasih (UNCEN) Papua, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2021

Abstract

Topografi di Papua umumnya merupakan daerah yang terdiri atas gunung dan lembah yang mempunyai kemiringan lereng beragam. Sarana transportasinyapun sedemikian rupa direncanakan sehingga harus melalui lereng tersebut. Salah satunya yaitu pada ruas jalan Nimbontong-Taja-Lereh. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat mengetahui faktor keamanan lereng dan mencari desain penanggulangan longsoran berdasarkan faktor keamanan lereng yang diperoleh dari analisis kestabilan lereng pada ruas jalan Nimbontong-Taja-Lereh di Km 123+700. Metode penelitian yang dipakai dalam penulisan ini adalah dengan cara mengumpulkan data yang berhubungan dengan perhitungan yaitu topografi dan parameter tanah. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung di lapangan dengan survey lokasi, sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari studi literatur/ sumber penelitian seperti instansi pemerintah, dan swasta. Pada ruas jalan tersebut dilakukan pemotongan lereng agar jalan yang dibuat aman dan nyaman untuk dilalui para pengendara. Namun pada beberapa titik terjadi penurunan permukaan badan jalan. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis kestabilan lereng agar dapat mengidentifikasi penyebab longsor tersebut. Analisis stabilitas lereng pada ruas jalan Nimbontong-Taja-Lereh menggunakan program bantu GeoSlope 2007. Dari analisis yang telah dilakukan, dengan kondisi diberi beban jalan dan tekanan air pori maka dapat diambil kesimpulan bahwa lereng pada ruas jalan Nimbotong-Taja-Lereh Km 123+700 termasuk lereng yang kritis terhadap longsor karena faktor kemanan lereng berada dibawah 1,07. Faktor penyebab longsor yang menentukan adalah akibat tekanan air pori karena setelah dilakukan analisis menggunakan beban jalan sebesar 12 Kpa, hasil analisis menunjukkan factor keamanan masih diatas 1,07.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

syntax-idea

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

In various literatures on the economy is divided into two sectors: the real sector which includes the service market and the market for goods, and the monetary sector which consists of the money market and the capital market (wealth). In some economic systems, the monetary (financial) flowing in a ...