LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI)


PENGGUNAAN MODUL SEBAGAI BAHAN AJAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI

Ijah Mulyani Sihotang (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Cahaya Cahaya (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang  bagaimana penggunaan Modul sebagai bahan ajar dalam meningkatkan hasil belajar pada materi Ayat Jurnal Penyesuaian. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam membuat jurnal penyesuaian. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK yang berjumlah 37 siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Modul sebagai bahan ajar  dalam upaya meningkatkan hasil belajar akuntansi pada materi Ayat Jurnal Penyesuaian. Instrument penelitian yang digunakan adalah test dan lembar Observasi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh pada tes awal diperoleh hanya 12 orang siswa (32%) dari 37 siswa yang mencapai nilai tuntas.   Hasil belajar test siswa pada siklus I diperoleh sebanyak 20 orang siswa (54,0%) yang mencapai ketuntasan, sementara yang belum tuntas sebanyak 17 orang siswa (46%) dan terjadi peningkatan sebanyak 18%.  Hasil belajar pada siklus II sebanyak 32 orang siswa (86,49%) yang mencapai ketuntasan, sementara yang belum tuntas sebanyak 5 orang siswa (13,51%). Peningkatan hasil belajar ini diperoleh setelah diberi tindakan dengan penggunaan modul sebagai bahan ajar dalam pembelajaran jurnal penyesuaian. Dari tahapan siklus yang dilakukan maka disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan modul sebagai bahan ajar. Abstract This study aims to describe how the use of the module as a teaching material in improving learning outcomes in the material of adjusting journal entries. This research is motivated by the low ability of students in making adjusting journals. The subjects of this study were SMK students, totaling 37 students. Meanwhile, the object of this research is the module as a teaching material in an effort to improve accounting learning outcomes in the material of adjusting journal entries. The research instrument used was a test and observation sheet. This research is classroom action research which is carried out through two cycles. The analysis technique uses descriptive analysis techniques. The results obtained in the initial test obtained only 12 students (32%) of 37 students who achieved a complete score. The results of student test learning in the first cycle obtained as many as 20 students (54.0%) who achieved completeness, while those who had not completed as many as 17 students (46%) and an increase of 18%. The learning outcomes in the second cycle were 32 students (86.49%) who achieved completeness, while those who had not completed were 5 students (13.51%). This increase in learning outcomes was obtained after being given action by using modules as teaching materials in adjusting journal learning. From the cycle stages carried out, it was concluded that there was an increase in student learning outcomes by using modules as teaching materials. 

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

LIAB

Publisher

Subject

Education

Description

Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian atau kajian teoritis yang memberikan informasi, ide-ide dan pendapat, selain analisis kritis kemajuan dalam penelitian pendidikan akuntansi. jurnal ini bertujuan untuk memperluas dan menciptakan inovasi ...