al-Afkar, Journal For Islamic Studies
Vol. 5, No. 1, January 2022

PENGGUNAAN METODE IQRO DALAM DALAM PENINGKATAN KUALITAS GURU NGAJI DI MUSHOLLA SEKITAR KAMPUS UNIVERSITAS WIRALODRA

Ibnu Rusydi (Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu)
Ali Miftakhu Rosyad (Universitas Wiralodra Indramayu)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2022

Abstract

Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan historistas dan implementasi metode Iqro’ dalampeningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an di Musholla sekitar kampus Universitas Wiralodra dengan mengkaji bagaimana implementasi, sistematika dan kelebihan metode Iqro’. Untuk itu, pendekatan partisipatori tepat digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) metode Iqro’ diimplementasikan secara klasikal, privat, mengenalkan bunyi huruf hijaiyah, membacalangsung Iqro’ “versi” AMM dan sistem CBSA; (2) Sistematika metode Iqro’ dalampembelajaran membaca Al-Qur’an melalui tahapan-tahapan mulai dari jilid 1-6 yang disusunoleh pihak Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra dimulai dari yang sederhana menjadi kompleks; dan (3) Metode Iqro’ memiliki kelebihan yaitu sudah diterapkan di seluruh Indonesia dan sebagian Negara ASEAN, fleksibel, buku ajar nya mudah didapatkan dan harganya terjangkau, menggunakan sistem CBSA, dapat khatam Iqro’ dengan waktu yang singkat, praktis, sistematis, dan variatif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Afkar_Journal

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

al-Afkar, Journal for Islamic Studies is published by Association of Secondment Lecturers (Asosiasi Dosen DPK) UIN Sunan Gunung Djati Bandung Indonesia. Focus of al-Afkar, Journal for Islamic Studies is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic Studies, ...