JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
Vol 7 No 2 (2021): JUMLAHKU Vol. 7 No.2 Tahun 2021

Media Hippo Animator pada Pembelajaran Statistika dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Statistik dan Self-confidence Mahasiswa di Era Pandemi Covid 19

Abas Hidayat (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon)
Fani Juliyanto Perdana (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Di Era Pandemi Covid 19 perubahan terjadi yaitu pada proses pembelajaran. Proses pembelajaran menjadi tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Penggunaan ICT merupakan sebuah tantangan dan salah satu bentuk motivasi bagi pengajar untuk dapat berinovasi dalam gaya atau metode mengajar. Hippo Animator memiliki fleksibelitas bagi peserta didik dapat digunakan secara online dan offline. Tujuan Penelitian ini yaitu menganalsis penggunaan Hippo animator dalam upaya mengoptimalkan hasil belajar secara daring di era pandemi covic 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui desain kuasi-eksperimen. Subjek penelitian ini adalah 164 mahasiswa. 2 kelas adalah kelas kontrol sebanyak 82 mahasiswa. 2 kelas adalah kelas eksperimen sebanyak 82 mahasiswa. Hasil penelitian ini adalah penggunaa Hippo Animasi dapat meningkatkan kemampuan statistika dan self-confidence secara signifikan. Selain itu, dapat meningkatkan kemampuan melek statistik (statistical literacy), penalaran statistik (statistical reasoning) dan berfikir statistik (statistical thinking) secara signifikan. Penerapan Hippo Aminator pada penelitian ini memberikan warna berbeda dalam pembelajaran statistika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

JUMLAHKU published scientific articles through digital journals in 2015 with issue volume 1 number May 1 2015. The period of publication of this journal is every May and ...