Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2021): Juli 2021

Tingkat Kecemasan dan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan dalam Menghadapi Uji Kompetensi Exit Exam

Novie Melliasany (Program Studi S1 Keperawatan, STIKes Karsa Husada Garut, Indonesia)
Andhika Lungguh Perceka (Program Studi S1 Keperawatan, STIKes Karsa Husada Garut, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2021

Abstract

Memiliki surat tanda registrasi (STR) seorang perawat harus mengikuti tes kompetensi sebagai syarat kepemilikan  STR. Bagi mahasiswa keperawatan tes komptensi merupakan tantangan besar, sehingga dibutuhkan persiapan dan perhatian khusus bagi mahasiswa dan perguruan tinggi. Pelaksaan tes komptensi dapat memunculkan perasaan kekhawatiran, takut, tegang, dan kecemasan karena takut tidak lulus dalam uji kompetensi dan apabila tidak lulus tes kompetensi, maka seorang lulusan/mahasiswa tidak dapat mengajukan permohonan STR sebagai ijin melaksanakan praktek keperawatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tingkat kecemasan dan motivasi belajar mahasiswa keperawatan dalam menghadapi uji kompetensi exit exam. Studi telaahan ini menggunakan metode deskriptif analitik. Jumlah sampel 71 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, data dikumpulkan menggunakan daftar pertanyaan yang telah di tes validitasnya dengan menggunakan product moment pearson. Diketahui bahwa responden D3 Keperawatan dan Profesi NERS hasil penelitian menunjukan sebagian dari responden memiliki kecemasan ringan 52,1% dalam hal motivasi beberapa mahasiswa tidak termotivasi belajar. Agar pembelajaran menjadi efektif dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa untuk menghadapi uji kompetensi exit exam serta kerjasama institusi dalam meningkatkan metode pembelajaran atau pemadatan yang dilakukan sebelum pelaksanaan uji kompetensi ditingkatkan supaya lebih baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...