Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 3 (2021): Oktober 2021

Implementasi Nilai-Nilai Kampus Islami yang Ramah Hak Asasi Manusia

Mubarak Ahmad (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Ahmad Ahmad (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Manager Nasution (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Rizkindo Junior Rizaldy (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2021

Abstract

Kampus menjadi tempat kaum cendekiawan dengan tanggung jawab moral dalam bersikap dan berpikir. Rendahnya tanggung jawab moral menjadi sumber permasalahan dengan ditemukannya tindakan diskriminasi dalam kesenjangan sosial, kesetaran gender, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas. Kondisi tersebut merusak peran kampus dalam mencetak generasi unggul dan berkarakter. Hal tersebut menjadi hambatan besar, sebab kesadaran Hak Asasi Manusia sebagai hak dasar manusia dan nilai-nilai Islami sebagai bentuk tanggung jawab moral kaum cendekiawan. Penelitian ini bertujuan memberikan peran dalam menciptakan lingkungan kampus ramah terhadap Hak Asasi Manusia, serta memiliki nilai Islami ditandai dengan sikap tidak diskriminasi, toleransi, saling menghargai, dan menghormati sebagai bentuk kampus yang ideal dan harmonis.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sikap toleransi, tidak diskriminasi, saling menghargai, dan menghormati merupakan bentuk ideal dalam lingkungan kampus sebagai predikat kaum cendekiawan dengan tanggung jawab moral tertuang dalam nilai Hak Asasi Manusia yang Islami. Kampus ramah Hak Asasi Manusia yang Islami mengurangi risiko terjadinya potensi kesenjangan dalam pemenuhan hak dasar manusia sebagai Civitas Academia. Pendekatan melalui Hak Asasi Manusia berbasis Islami dalam implementasi kampus menjadi fokus penelitian terhadap Civitas Academica dengan harapan melahirkan impelementasi kampus Islami yang ramah Hak Asasi Manusia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...