Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 3 (2021): Oktober 2021

Dampak Media Pembelajaran Daring Berbantuan Video Animasi 2D pada Mata Kuliah Matematika

I M Dedy Setiawan (STMIK STIKOM Indonesia)
I K Po Permana (STMIK STIKOM Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2021

Abstract

Perubahan pola pembelajaran tatap muka menjadi pola interaksi pembelajaran secara tidak langsung tentunya membutuhkan metode pembelajaran yang relevan guna mencapai hasil belajar yang optimal. Salah satu media pembelajaran daring yang memenuhi kriteria tersebut adalah video animasi 2D dalam pembelajaran matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran daring berbantuan video animasi 2D pada mata kuliah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kuasi eksperimen dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Groups Posttest-Only. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh mahasiswa semester genap yang mengikuti mata kuliah matematika. Pemilihan sampel kemudian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Pengumpulan data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan metode angket/kuisioner dengan instrumen berupa tes hasil belajar. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika melalui penerapan media pembelajaran daring berbantuan video animasi 2D pada mata kuliah matematika dengan nilai t hitung sebesar 2,156 yang ternyata signifikan.  Berdasarkan hasil analisis statistik ini, media pembelajaran daring berbantuan animasi 2D berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...