WIDYA LAKSANA
Vol 9 No 1 (2020)

PELATIHAN PENGGUNAAN KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAMIFIKASI BAGI GURU-GURU SMK SE-KECAMATAN GEROKGAK

I Made Edy Listartha (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Gede Mahendra Darmawiguna (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Made Ardwi Pradnyana (Universitas Pendidikan Ganesha)
Gede Aditra Pradnyana (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Made Dendi Maysanjaya (Universitas Pendidikan Ganesha)
Putu Dhanu Driya (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Gede Wira Dharma Putra (Universitas Pendidikan Ganesha)
Gusti Ayu Putu Setiari (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2020

Abstract

Gamifikasi merupakan sebuah teknik yang menjadi tren dewasa ini, namun masih sedikit para pengajar yang belum dapat menerapkan media pembelajaran berbasis gamifikasi ini. Dari hasil jajak pendapat yang dilakukan terhadap 33 pengajar SMK Se-Gerokgak, terlihat hanya 17 pengajar yang mengetahui media pembelajaran berbasis gamifikasi. Kemudian, terlihat 45.5% pengajar sudah mengetahui media pembelajaran berbasis gamifikasi Kahoot, namun hanya 27.3% pengajar dari total 33 responden pengajar yang menggunakan media pembelajaran Kahoot. Tim pelaksana berhasil melaksanakan kegiatan pengabdian yang ditujukan untuk semua tenaga pengajar SMK sekecamatan Gerokgak yang dilaksanakan pada 15 dan 16 November 2019 di SMK N 1 Gerokgak. Dari 32 guru yang ikut dalam proses pelatihan menggunakan Kahoot ini, didapatkan hasil dari jajak pendapat bahwa 100% guru sudah bisa menggunakan media pembelajaran Kahoot, sebanyak 96.9% yakin media pembelajaran berbasis gamifikasi dapat membantu kegiatan pengajaran mereka dan sebanyak 93.8% akan menggunakan media pembelajaran Kahoot sebagai penunjang kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPKM

Publisher

Subject

Other

Description

Widya Laksana is a scientific multidisciplinary journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Ganesha twice a year; January and ...