Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dan berpikir kritis siswa melalui penerapan pendektan kontekstual model inkuri di kelas V SD Negeri Gilirejo Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negri Gilirejo Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Instrumen penelitian dengan menggunakan butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif yakni membandingkan hasil belajar IPA dan kemampuan berfikir kritis berdasarkan ketuntasan belajar, skor minimal, skor maksimal dan skor rata-rata pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar dan berfikir kritis. Berbagai Pekerjaan dapat diupayakan melalui pendekatan kontekstual model inkuri siswa kelas 5 SD Negri Gilirejo Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali tahun 2018-2019 sudah terbukti. Hal ini ditunjukkan oleh meningkatnya hasil belajar dan berpikir kritis dari pra siklus, siklus 1 ke siklus 2.
Copyrights © 2019