Mimbar Ilmu
Vol. 27 No. 1 (2022): April

Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem-based Learning pada Topik Sumber Energi untuk Kelas IV Sekolah Dasar

Agus Surya Nata (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ida Bagus Surya Manuaba (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
04 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi model pembelajaran pada bahan ajar, sehingga dalam proses pembelajaran siswa masih kurang memahami konsep dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menciptakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem-based Learning materi sumber energi muatan IPA untuk kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini yaitu ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 12 siswa kelas IV SD. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, metode wawancara, dan metode penyebaran angket/kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validitas LKPD berbasis Problem-based Learning Materi Sumber Energi Muatan IPA yang terdiri dari: (a) review ahli isi mata pelajaran yang memperoleh skor sebesar 93%(sangat baik), (b) review ahli desain pembelajaran yang memperoleh skor sebesar 90% (sangat baik). (c) review ahli media pembelajaran yang memperoleh skor sebesar 88% (baik), (d) hasil uji perorangan yang memperoleh skor 92,85% (sangat baik), dan (e) hasil uji kelompok kecil yang memperoleh skor 89,63 (baik). Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran IPA.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...