Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 1 No. 1 (2018): Mei 2018

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa kelas VB Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 di SDN 1 Banjar Jawa

A.A. Istri Dianika Perama Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay  berbantuan media visual. Penelitian ini dilakukan di kelas VB SDN 1 Banjar Jawa yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Tes yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar IPA adalah tes objektif pilihan ganda yang berjumlah 20 butir. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif.  Data hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil tes kompetensi pengetahuan muatan IPA pada pra siklus, siswa yang mencapai nilai ≥80 mancapai 3% dari 38 siswa, sedangkan pada siklus I meningkat  sebesar 77,87% menjadi 80,87% dari 38 siswa, dan diakhir siklus II meningkat sebesar 1,55% menjadi 82,42% dari 38 siswa, Peningkatan hasil belajar kompetensi pengetahuan dari prasiklus sampai siklus II yaitu sebesar 0,50 (79,42%) atau berada pada kategori sedang Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VB semester II tahun pelajaran 2017/ 2018 di SDN 1 Banjar Jawa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...