cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
ISSN : 26215713     EISSN : 26215705     DOI : -
Core Subject : Education,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Undiksha. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational, technology, and educational development at Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Undiksha.
Arjuna Subject : -
Articles 390 Documents
PENERAPAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V ratnadewi, ayu
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol 1, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.508 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan discovery learning berbantuan media visual siswa kelas VB SDN 1 Banjar Jawa tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SDN 1 Banjar Jawa sebanyak 38 orang, yang terdiri dari 23 siswa perempuan dan 15 siswa laki – laki. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif, sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan persentase rerata hasil belajar IPS sebesar 4,08% dari 82,36% berada pada kategori tinggi pada siklus I menjadi 86,44% berada pada kategori tinggi pada siklus II. Selanjutnya peningkatan kuantitas siswa yang mendapat nilai minimal 85 mencapai 31,57% dari 19 siswa atau 50% pada siklus I menjadi 31 siswa atau 81,57% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model discovery learning berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VB SDN 1 Banjar Jawa tahun ajaran 2017/2018.Kata kunci:  discovery learning, hasil belajar IPS, media visualThis research aims to increase social study learning outcomes through discovery learning assisted visual media on VB grade students of SDN 1 Banjar Jawa in academic year 2017/2018. This study used a classroom action research which conducted in two cycles. Each cycle consists of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. The subject was VB grade students in SDN 1 Banjar Jawa that included 38 students which consist of 23 female and 15 male. Data collection was done by test method. Social study learning outcomes data were analyzed using quantitative descriptive analysis. The result showed there was an enhancement in the mean percentage of result social study by 4,08% from 82,36% as high predicate on the first cycle became 86,44% as high predicate on the second cycle. Further, improvement quantity of students who received a minimum score of 85 reached 31,575% from 19 students or 50% in the first cycle became 31 students or 81,57% in second cycle. Based on the results of data analysis can be concluded that through the application of visual media -aided discovery learning is proven to improve learning outcomes VB social study graders of SDN 1 Banjar Jawa in academic year 2017/2018.Keywords: discovery learning, social study learning outcome, visual media
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS Suryanita SP, Ni Putu; Kusmariyatni, Ni Nyoman
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol 1, No 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas IVA di SD Negeri 4 Kampung Baru tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Pelaksanaan tindakan tiap siklus adalah tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA tahun pelajaran 2017/2018 di SD Negeri 4 Kampung Baru, yang berjumlah 26 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar IPS. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan denganmetode tes. Data dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  terjadi  peningkatan  persentase  hasil belajar pada siswa kelas IVA di SD Negeri 4 Kampung Baru. Berdasarkan tes hasil belajar, pada siklus I rata-rata hasil belajar IPS diperoleh sebesar 80,77 dengan kategori tinggi.  Selanjutnya, pada siklus II rata-rata hasil belajar IPS diperoleh sebesar 86,37 dengan kategori tinggi. Berdasarkan perhitungan gains skor, kualitas peningkatan hasil belajar IPS pada siklus I sebesar 0,16 dengan predikat rendah dan siklus II sebesar 0,46 dengan predikat sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut  dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat  meningkatkan hasil belajar IPS siswa siswa kelas IVA di SD Negeri 4 Kampung Baru tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Hasil Belajar IPS
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA Suwandi, Wiriya
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol 1, No 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Kooperative  Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Puzzle  pada siswa kelas V semester II di SD N 4 Kaliuntu tahun pelajaran 2017/2018.Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 4 Kaliuntu Semester II Tahun Ajaran 2017/2018. Data penelitian hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan metode tes dan alat pengumpul data adalah tes hasil belajar dan lembar obeservasi (aktivitas guru dan siswa). Data dianalisis  dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif   Dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN 4 Kaliuntu. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I ke siklus II, yaitu pada siklus I, nilai rata-rata kelas adalah 72,63 yang berada pada kategori cukup baik, dengan persentase ketuntasan belajar 60,52%, sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata kelas adalah 80,65 yang berada pada kategori baik, dengan persentase ketuntasan belajar 89,47%. Perubahan ini terjadi karena penerapan model Cooperative Learning tipe STAD dilaksanakan secara seksama dengan memperhatikan karakteristik dan kesulitan siswa. Kata-kata kunci: Model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU BERBANTUAN PETA KONSEPTERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PKn Sukraningsih, Ni Nym. Tri Ayu; Ganing, Ni Nym.; Sri Asri, I G. A. Agung
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.784 KB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu berbantuan peta konsep dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaan konvensional siswa kelas IV SD Gugus I Kecamatan Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus I Kecamatan Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri atas 12 kelas dengan jumlah siswa 438 orang. Sampel penelitian adalah kelas IVB SD No. 4 Dalung sebagai kelompok eksperimen sebanyak 26 orang dan siswa kelas IVA SD No. 5 Dalung sebagai kelompok kontrol sebanyak 26 orang yang diperoleh dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes dengan bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data dianalisis menggunakan uji-t (polled varians). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu berbantuan peta konsep dan kelompok  siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaan konvensional siswa kelas IV SD Gugus I Kecamatan Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Tari Bambu berbantuan peta konsep terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas IV SD Gugus I Kecamatan Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata kunci: Tari Bambu, Peta Konsep, Kompetensi Pengetahuan Pkn 
Komik Video Digital (KOVID) Bernuasa Bali Meningkatkan Minat Belajar Siswa Nadia Mardhatillah; Kadek Suranata; Gusti Ayu Putu Sukma Trisna
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 5 No. 2 (2022): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masih banyak siswa yang kurang berminat dalam belajar sehingag berpengaruh pada hasil belajar. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan Komik Video Digital (KOVID) Bernuasa Bali Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jenis penelitian yaitu pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu 2 ahli media dan 1 ahli materi. Subjek uji coba yaitu 3 siswa dan 3 praktisi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi kuantitatif, wawancara, kuesioner/angket, serta studi dokumen. Instrumen yaitu kuesioner. Teknik menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu hasil penilaian dari ahli media pembelajaran yaitu 0,8 dengan kualifikasi sedang. Hasil penilaian guru yaitu 99% sehingga sangat baik dan penilaian siswa yaitu 99,3% sehingga kualifikasi sangat baik. Disimpulkan bahwa Media KOVID mendapatkan kualifikasi sangat baik sehingga layak untuk digunakan. Hasil uji hipotesis nilai signifikansi 2 arah (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan hasil minat belajar siswa kelas IV SD setelah belajar menggunakan komik video digital (kovid ). Disimpulkan komik video digital (kovid) efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pembelajaran IPA siswa kelas IV sekolah dasar
PENERAPAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V ayu ratnadewi
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 1 No. 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jippg.v1i1.14210

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan discovery learning berbantuan media visual siswa kelas VB SDN 1 Banjar Jawa tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SDN 1 Banjar Jawa sebanyak 38 orang, yang terdiri dari 23 siswa perempuan dan 15 siswa laki – laki. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif, sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan persentase rerata hasil belajar IPS sebesar 4,08% dari 82,36% berada pada kategori tinggi pada siklus I menjadi 86,44% berada pada kategori tinggi pada siklus II. Selanjutnya peningkatan kuantitas siswa yang mendapat nilai minimal 85 mencapai 31,57% dari 19 siswa atau 50% pada siklus I menjadi 31 siswa atau 81,57% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model discovery learning berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VB SDN 1 Banjar Jawa tahun ajaran 2017/2018.Kata kunci:  discovery learning, hasil belajar IPS, media visualThis research aims to increase social study learning outcomes through discovery learning assisted visual media on VB grade students of SDN 1 Banjar Jawa in academic year 2017/2018. This study used a classroom action research which conducted in two cycles. Each cycle consists of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. The subject was VB grade students in SDN 1 Banjar Jawa that included 38 students which consist of 23 female and 15 male. Data collection was done by test method. Social study learning outcomes data were analyzed using quantitative descriptive analysis. The result showed there was an enhancement in the mean percentage of result social study by 4,08% from 82,36% as high predicate on the first cycle became 86,44% as high predicate on the second cycle. Further, improvement quantity of students who received a minimum score of 85 reached 31,575% from 19 students or 50% in the first cycle became 31 students or 81,57% in second cycle. Based on the results of data analysis can be concluded that through the application of visual media -aided discovery learning is proven to improve learning outcomes VB social study graders of SDN 1 Banjar Jawa in academic year 2017/2018.Keywords: discovery learning, social study learning outcome, visual media
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS Dwi Agustini, Ni Kadek
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol 1, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.875 KB) | DOI: 10.23887/jippg.v1i1.14211

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan media audio-visual pada siswa kelas IVB semester genap di SD Negeri 3 Banjar Jawa tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SD Negeri 3 Banjar Jawa yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh rata-rata hasil belajar IPS pada siklus I yaitu 74,35 dengan kategori sedang dan pada siklus II meningkat menjadi 86,13 dengan kategori tinggi. Peningkatan yang terjadi jika dihitung menggunakan rumus Gn skor yaitu sebesar 0,46 yang jika dikonversikan pada tabel kriteria peningkatan hasil belajar berada pada kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan media audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IVB SD Negeri 3 Banjar Jawa tahun pelajaran 2017/2018.Kata kunci: kontekstual, audio-visual, hasil belajar IPSThis study aims to improving the learning outcomes of IPS through the implementation of contextual learning model assisted audio-visual media based on fourth grade students on second semester of SD Negeri 3 Banjar Jawa in the academic year 2017/2018. This research is a classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were fourth grade students of SD Negeri 3 Banjar Jawa as many as 31 students consisting of 13 male and 18 female students. Data were collected through a test. The collected data were analyzed by descriptive statistical analysis and quantitative descriptive analysis. The results showed that the average learning outcomes of IPS in first cycle is 74.35 with the medium category and on the second cycle the learning outcomes of IPS increased to 86.13 with high category. Increases that occur when calculated using the Gn score formula that is equal to 0.46 which if converted on the table of increased learning outcome criteria are in the medium category. So that it can be concluded that the implementation of contextual learning model assisted audio-visual media can improve the learning outcomes of IPS fourth grade students in SD Negeri 3 Banjar Jawa in the academic year 2017/2018.Keywords: contextual, audio-visual, learning outcomes of IPS
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS Ni Kadek Dwi Agustini
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 1 No. 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jippg.v1i1.14211

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan media audio-visual pada siswa kelas IVB semester genap di SD Negeri 3 Banjar Jawa tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SD Negeri 3 Banjar Jawa yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh rata-rata hasil belajar IPS pada siklus I yaitu 74,35 dengan kategori sedang dan pada siklus II meningkat menjadi 86,13 dengan kategori tinggi. Peningkatan yang terjadi jika dihitung menggunakan rumus Gn skor yaitu sebesar 0,46 yang jika dikonversikan pada tabel kriteria peningkatan hasil belajar berada pada kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan media audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IVB SD Negeri 3 Banjar Jawa tahun pelajaran 2017/2018.Kata kunci: kontekstual, audio-visual, hasil belajar IPSThis study aims to improving the learning outcomes of IPS through the implementation of contextual learning model assisted audio-visual media based on fourth grade students on second semester of SD Negeri 3 Banjar Jawa in the academic year 2017/2018. This research is a classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were fourth grade students of SD Negeri 3 Banjar Jawa as many as 31 students consisting of 13 male and 18 female students. Data were collected through a test. The collected data were analyzed by descriptive statistical analysis and quantitative descriptive analysis. The results showed that the average learning outcomes of IPS in first cycle is 74.35 with the medium category and on the second cycle the learning outcomes of IPS increased to 86.13 with high category. Increases that occur when calculated using the Gn score formula that is equal to 0.46 which if converted on the table of increased learning outcome criteria are in the medium category. So that it can be concluded that the implementation of contextual learning model assisted audio-visual media can improve the learning outcomes of IPS fourth grade students in SD Negeri 3 Banjar Jawa in the academic year 2017/2018.Keywords: contextual, audio-visual, learning outcomes of IPS
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa kelas VB Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 di SDN 1 Banjar Jawa Perama Dewi, A.A. Istri Dianika
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol 1, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.581 KB) | DOI: 10.23887/jippg.v1i1.14217

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay  berbantuan media visual. Penelitian ini dilakukan di kelas VB SDN 1 Banjar Jawa yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Tes yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar IPA adalah tes objektif pilihan ganda yang berjumlah 20 butir. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif.  Data hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil tes kompetensi pengetahuan muatan IPA pada pra siklus, siswa yang mencapai nilai ≥80 mancapai 3% dari 38 siswa, sedangkan pada siklus I meningkat  sebesar 77,87% menjadi 80,87% dari 38 siswa, dan diakhir siklus II meningkat sebesar 1,55% menjadi 82,42% dari 38 siswa, Peningkatan hasil belajar kompetensi pengetahuan dari prasiklus sampai siklus II yaitu sebesar 0,50 (79,42%) atau berada pada kategori sedang Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VB semester II tahun pelajaran 2017/ 2018 di SDN 1 Banjar Jawa.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa kelas VB Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 di SDN 1 Banjar Jawa A.A. Istri Dianika Perama Dewi
Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 1 No. 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jippg.v1i1.14217

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay  berbantuan media visual. Penelitian ini dilakukan di kelas VB SDN 1 Banjar Jawa yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Tes yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar IPA adalah tes objektif pilihan ganda yang berjumlah 20 butir. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif.  Data hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil tes kompetensi pengetahuan muatan IPA pada pra siklus, siswa yang mencapai nilai ≥80 mancapai 3% dari 38 siswa, sedangkan pada siklus I meningkat  sebesar 77,87% menjadi 80,87% dari 38 siswa, dan diakhir siklus II meningkat sebesar 1,55% menjadi 82,42% dari 38 siswa, Peningkatan hasil belajar kompetensi pengetahuan dari prasiklus sampai siklus II yaitu sebesar 0,50 (79,42%) atau berada pada kategori sedang Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VB semester II tahun pelajaran 2017/ 2018 di SDN 1 Banjar Jawa.

Page 1 of 39 | Total Record : 390