Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 2 No. 2 (2019): Agustus 2019

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Ni Luh Putu Lovita Loka (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia)
I Nengah Suadnyana Suadnyana (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia)
I. B. Surya Manuaba (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik berbantuan media gambar dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus III Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus III Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 197 orang. Sampel ditentukan dengan random sampling dengan mengacak kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SD No. 4 Bongkasa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SD No. 3 Bongkasa sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif bentuk pilihan ganda biasa. Data hasil belajar IPA kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik berbantuan media gambar dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus III Abiansemal Kecamatan Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitumg = 3,193 > ttabel = 2,000. Demikian pula nilai rerata hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen= 75,37 >= 66,97rerata hasil belajar IPA siswa kelompok control. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  penerapan pendekatan saintifik berbantuan media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus III Abiansemal Kecamatan Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci: Saintifik, Media Gambar, Hasil Belajar IPA

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...