Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 3 No. 3 (2020): November 2020

Keefektifan Model Think Pair Share Berbantu Media Kartu Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Kelas I SD

Aji Kartiko (Universitas PGRI Semarang)
Ikha Listyarini (Universitas PGRI Semarang)
Sukamto Sukamto (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca peserta didik di sekolah dasar disebabkan karena guru menganggap peserta didik sudah mampu membaca serta cara pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang inovatif. Hal ini dapat dilihat dari kenyataannya yang ada di lapangan dimana hanya 6 dari 28 peserta didik kelas I yang mampu membaca. Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui keefektifan model Think Pair Share berbantu media kartu gambar terhadap kemampuan membaca kelas I SD. Berdasarkan tujuan tersebut jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design, dengan jumlah populasi sebanyak 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes berupa observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-T, sehingga berdasarkan hasilnya awal mula hanya 6 peserta didik yang mampu membaca dengan rata-rata kelas 43,4 menjadi 21 peserta didik yang mampu membaca dengan rata-rata 77,3. Dibuktikan dari hasil Thitung sebesar 12,146 dan Ttabel sebesar 1,673 membuktikan bahwa Thitung > Ttabel yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share berbantuan media gambar efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...