M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 2 (2020): Mathline

Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments Berbantuan Ludo Math Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Berdasarkan Tingkat Disposisi Matematis Siswa

Nur Khodijah (Universitas Wiralodra)
Sri Hartini (Universitas Wiralodra)
Wiwit Damayanti Lestari (Universitas Wiralodra)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2020

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian ini adalah untuk; (1) mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep berdasarkan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments; (2) mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep berdasarkan tingkat disposisi matematis; (3) mengetahui interaksi antara Model Pembelajaran Teams Games Tournaments dan tingkat disposisi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian eksperimen yang dilakukan di MTsN 2 Indramayu pada semester ganjil. Populasi penelitian ini adalah seluruh kemampuan pemahaman konsep dan tingkat disposisi matematis siswa kelas VII MTsN 2 Indramayu tahun pelajaran 2019/2020. Sampel diambil sebanyak dua kelas menggunakan cluster random sampling dengan cara diundi. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan ANAVA Dua Jalan by level, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan Kemampuan pemahaman konsep pada model pembelajaran Teams Games Tournamnets (TGT) berdasarkan penggunaan Ludo Math dan tanpa penggunaan Ludo Math. (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa kelompok tingkat disposisi matematis siswa tinggi dengan rendah. (3) Terdapat pengaruh interaksi (interaction effect).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Mathline

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathline is published by Mathematics Education Department of Wiralodra University. Mathline publishes the research issues on mathematics, mathematics education, and could be experiment, research and development, or classroom action research. This Journal are bi-annual publication, on February and ...