M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 2 (2020): Mathline

Proses Berpikir Kritis dan Kesalahan Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Dominance-Influence

Mega Herlinda (Universitas Siliwangi)
Aripin Aripin (Universitas Siliwangi)
Nurfadilah Siregar (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2020

Abstract

Proses berpikir kritis dan kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik berbeda-beda, hal tersebut dipengaruhi oleh kepribadian yang dimiliki setiap individu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari empat subjek dengan tipe kepribadian yang berbeda di antaranya dua subjek dengan kepribadian dominance dan dua subjek dengan kepribadian influence. Analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peserta didik dengan kepribadian dominance salah satun subjeknya belum memenuhi semua indikator tahapan proses berpikir kritis yaitu pada tahap klarifikasi, tahap asesmen, tahap inferensi, sedangkan pada tahap strategi kedua subjek belum memenuhi indikator proses berpikir kritis. Selain itu, pada saat memecahkan masalah peserta didik dominance melakukan kesalahan di antaranya kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban. 2) Peserta didik dengan kepribadian influence memenuhi semua indikator proses berpikir kritis, namun pada saat memecahkan masalah peserta didik influence melakukan kesalahan di antaranya kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban. Jadi, diantara kedua kepribadian tersebut yang melalui semua tahapan proses berpikir kritis dan melakukan sedikit kesalahan sebesar 33,3 % dari tahapan yang seharusnya dalam memecahkan masalah yaitu peserta didik dengan kepribadian influence.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Mathline

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathline is published by Mathematics Education Department of Wiralodra University. Mathline publishes the research issues on mathematics, mathematics education, and could be experiment, research and development, or classroom action research. This Journal are bi-annual publication, on February and ...