M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 1 (2022): Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Developing Inquiry Based Module For Ordinary Differential Equation Course: Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial Biasa

Kurnia Rahmi Yuberta (Institut Agama Islam Negeri batusangkar)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis inkuiri pada mata kuliah persamaan diferensial biasa yang valid dan praktis. Hal ini dilatarbelakangi oleh kesulitan mahasiswa dalam mempelajari materi persamaan diferensial biasa disebabkan karena buku teks yang digunakan belum mampu menarik perhatian mahasiswa untuk mempelajari sendiri materi sehingga menyebabkan mahasiswa kurang termotivasi untuk belajar. Oleh karena itu perlu dirancang sebuah modul yang dapat membantu mahasiswa dan memberikan kesempatan untuk menemukan sendiri konsep dan berbagai cara menemukan solusi dari berbagai bentuk persamaan diferensial. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan rancangan penelitian yang terdiri atas 3 tahap yaitu tahap define (pendefenisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi untuk mengukur validitas modul, dan angket respon untuk mengukur kepraktisan modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis inkuiri pada mata kuliah persamaan diferensial biasa 1) sangat valid dalam aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikan, 2) sangat praktis dalam aspek mudah digunakan, menarik dan efisien.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Mathline

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathline is published by Mathematics Education Department of Wiralodra University. Mathline publishes the research issues on mathematics, mathematics education, and could be experiment, research and development, or classroom action research. This Journal are bi-annual publication, on February and ...