Penelitian dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral serta implementasi pembelajaran di SMA pada novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan didaktis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kajian isi dengan alat pengumpul data berupa studi dokumenter. Hasil penelitian ini nilai moral dalam novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata berkaitan dengan diri sendiri, sesama manusia dan Tuhan. Nilai moral moral berhubungan dengan diri sendiri yaitu jujur, kerja keras, pantang menyerah, rendah hati. Nilai moral yang berhubungan dengan sesama manusia yaitu suka menolong dan cinta kasih. Dan nilai moral yang berhubungan dengan Tuhan yaitu bersyukur yang tergambarkan dari tingkah laku tokoh-tokohnya dalam kehidupannya sehari-hari. Sedangkan Implementasi nilai moral dalam novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA relevan dengan Kurikulum 2013 di kelas XII. Implementasi pembelajaran tersebut didasari dengan adanya Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang mencantumkan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran sastra. Nilai moral sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dirancang dalam Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran maupun SilabusKata Kunci: NIlai moral, Novel, Andre Hirata, Kurikulum 2013
Copyrights © 2022