Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 1 (2022): Januari - April 2022

Analisis Tingkat Kedisiplinan Tutor Terhadap Pedoman Pemberian dan Penilaian Tugas Tutorial Tatap Muka di UPBJJ-UT Makassar

Husnaeni Husnaeni (Universitas terbuka)
Ranak Lince (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UT)
Jalil Jalil (Program Studi Agribisnis FST UT)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis persiapan tutor dalam pemberian tugas sesuai pedoman pemberian tugas TTM/Tuweb-UT; (2) menganalisis pemberian tugas sesuai pedoman pemberian tugas TTM/Tuweb-UT; (3) menganalisis tindak lanjut dari pemberian tugas sesuai pedoman pemberian tugas TTM/Tuweb-UT; dan (4) menganalisis tanggapan mahasiswa terhadap pemberian dan penilaian tugas TTM/Tuweb. Jenis penelitian ini adalah ex post facto yang dilaksanakan bulan Maret – Desember 2020. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang diolah dengan statistik non parametrik. Sampel penelitian ada 63 dari 364 tutor yang bertugas di UPBJJ-UT Makassar masa registrasi 2020/2020.1. Pada era pandemi Covid-19 tahun 2020 ini, pengambilan data secara langsung dilakukan di pokjar kabupaten Luwu Timur, Pinrang, dan Toraja Utara sedangkan pokjar lain diberikan angket via google form. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert dengan 4 skala yaitu Sangat Tidak Setuju; Tidak setuju; Setuju; dan sangat setuju terhadap 15 item pernyataan pada instrumen penelitian ini. Data hasil angket diolah dengan statistik deskriptif dengan bantuan software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil verifikasi dokumen tugas tutorial sebanyak 63 tutor ada sebanyak 54% yang lengkap, sedangkan 46% tutor yang tidak lengkap dokumen tugas tutorialnya dan menjadi pertimbangan untuk penugasan berikutnya. Hasil perhitungan descriptive dengan SPSS 23 diperoleh nilai skor total tertinggi dari seluruh item yaitu 3.412. Berdasarkan tabel kriteria kedisiplinan, tutor yang bertugas di UPBJJ-UT Makassar tergolong = sangat disiplin.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...