JURNAL MAHASISWA BK AN-NUR : BERBEDA, BERMAKNA, MULIA
Vol 8, No 2 (2022)

Kajian Perpektif Pendidikan Guru Ditinjau dari Kompetensi dan Pemerataan Di Lapangan

Vira Afriyati (Universitas Bengkulu)
Zahra Nelissa (Universitas Syiah Kuala)
Agus Taufik (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 May 2022

Abstract

Indonesia tidak pernah terlepas dengan Pendidikan Guru. Artikel ini bertujuan untuk menguraikan perspektif Pendidikan Guru dan isu-isu yang ada di dalamnya, serta menawarkan solusi yang mungkin diambil dalam menyelesaikannya. Metode yang digunakan adalah kajian literature. Pembahasan meliputi empat perspektif dalam memandang Pendidikan guru di Indonesia yaitu, 1) realitas guru saat ini yang ada di sekolah-sekolah, 2) kompetensi guru, 3) pemerataan guru yang ada di Indonesia, 4) profesionalitas guru yang saat ini, pemerintah menyelenggarakan PPG (Pendidikan Profesi Guru) sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan profesionalitas guru. Hasil kajian dapat digunakan sebagai pandangan dalam pengambilan kebijakan. Kajian selanjutnya perlu untuk mengembangkan perspektif Pendidikan guru lainnya dalam cakupan yang lebih luas baik secara teknis dan empiris.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AN-NUR

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global ...