Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemahaman mahasiswatentang grup ditinjau dari perbedaan jenis kelamin dan kemampuanmatematika dengan menggunakan analisis dekomposisi genetik berdasarkanteori APOS (Action, Process, Object and schema).Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang yang terdiri dari 2mahasiswa laki-laki dan 2 mahasiswa perempuan yang berkemampuan tinggidan rendah.. Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperolehdari tes tertulis serta hasil wawancara yang lebih mendalam dankomprehensip terhadap 4 subjek penelitian mengenai pemahamannya tentanggrup menurut kerangka teori APOS.Selanjutnya data divalidasi sebelum dianalisis dengan menggunakananalisis dekomposisi genetik berdasarkan teori APOS. Selanjutnyapemahaman setiap subjek penelitian dipetakan ke salah satu level dari triadperkembangan skema . Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa laki-laki danmahasiswa perempuan dengan kemampuan tinggi masuk pada level trans(level 2). Mahasiswa laki-laki dengan kemampuan rendah masuk pada levelintra (level 0), sedangkan mahasiswa perempuan dengan kemampuan rendahhanya berada pada tahap aksi dan tidak masuk pada level manapun daritriad.
Copyrights © 2019