Pemecahan masalah berhubungan erat dengan berpikir kritis, dimana untuk dapat belajar matematika melalui pemecahan masalah, siswajuga harus belajar bagaimana berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui apakah problem-based learning dapat meningkatkan kemampuanberpikir kritis siswa.Penelitian ini dilaksanakan di SMPS Golden Christian School yangberlokasi di Jalan Pangrango no. 30 – 34, Palangka Raya, KalimantanTengah. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas VII tahun ajaran2017/2018. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah kata-kata dantindakan yang diperoleh dari hasil observasi, catatan lapangan, angket, danhasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK), karena PTK adalah penelitian yang dilakukan guru dikelasnya sendiri dengan cara: 1) merencakan, 2) melaksanakan, dan 3)merefleksikan tindakan. Penelitian ini hanya diadakan sebanyak 1 sikluskarena hasil yang diinginkan telah diperoleh pada siklus 1.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa aktivitas siswamasuk ke dalam kategori baik , sebanyak siswadinyatakan tuntas, sebanyak siswa memiliki kemampuanberpikir kritis yang meningkat, dan respon siswa positif . Hasiltersebut mengindikasikan seluruh indikator yang ditetapkan sebelumnyaterpenuhi. Hal ini berarti model pembelajaran problem-based learning dapatmeningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Copyrights © 2018