Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan layanankonseling menggunakan Learning The Needed Skill Dalam Trait AndFaktor Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di SMPN 5 Kurun.Metode penelitian menggunakan metode penelitiankualitatif, yakni penulis dalam mengumpulkan data secara langsungdari lapangan kemudian menafsirkan dan menyimpulkan dari datayang ada dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara danobservasi. Keabsahan data dilakukan triangulasi data yaitumembandingkan dan mengecek baik derajat kepercayaan informasiyang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda untukmengetahui adanya alasan terjadinya perbedaan tersebut. Analisisdata menggunakan model analisis interaktif yaitu reduksi data,penyajian data dan kesimpulan.Berdasarkan analisis datadisimpulkan setelah beberapa kali diadakan layanan konselingmenggunakan Learning The Needed Skill dalam Trait And Faktor,siswa menunjukkan perubahan, yaitu 4 (empat) siswa memahamikemampuan intelektual yang ada di dirinya sehingga berkembangdengan baik, membagi waktu belajar dan bermain dengan baik, siswamemahami pelajaran yang disampaikan guru.Peneliti menyatakan di akhir penelitian, siswa awalnyamengalami kesulitan belajar, kini ke empat siswa tersebut dapatmemahami pelajaran dengan baik, ditunjukkan penurunan indikatorkesulitan belajar siswa sangat baik, sehingga layanan konselingdengan menggunakan Learning The Needed Skill Dalam Trait AndFaktor berhasil karena siswa dinyatakan telah berubah dan terbiasadalam memahami pelajaran dengan baik
Copyrights © 2017