Jurnal Pendidikan
Vol 18 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan

Pengaruh Penggunaan Media Wayang Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK Beringin III Palangka Raya

Wahyuni Christiany Martono (FKIP Universitas Palangka Raya)
Ernilisa (FKIP Universitas Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh PenggunaanMedia Wayang Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TKBeringin III Palangka Raya. Adapun Penelitian ini adalah penelitiankuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Subjek penelitian adalah 32orang yang terdiri dari 16 anak kelompok kontrol dan 16 anak kelompokeksperimen kelompok B TK Beringin III Palangka Raya. Teknik penilaianmenggunakan observasi berupa ceklis.Teknik analisis data yang digunakan pre-test dan post-test dengan ?= 0,05. Kemudian mencari pada tabel distribusi t dengan ketentuan:db = n – 2. Dengan ketentuan jika < maka Ho diterima. Jika> maka Ho ditolak dan Ha diterima, untuk mengetahuikemampuan berbicara anak pada kelompok B1 kelompok kontrol dan B2kelompok eksperimen diperoleh dengan mengobservasi 4 indikator.Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat Pengaruh MetodeBercerita Menggunakan Media Wayang Terhadap Kemampuan BerbicaraAnak Kelompok B TK Beringin III Palangka Raya Tahun Ajaran2015/2016. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t-testdiperoleh taraf signifikan 5% nilai = 27,57 > = 2,042.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan diterbitkan sejak bulan Juni 2000 dengan ISSN 1411-481X oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya (UPR). Jurnal Pendidikan diterbitkan dua kali setahun, setiap bulan Juni dan Desember. Jurnal Pendidikan berisi artikel-artikel hasil ...