ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur, nilai pendidikankarakter dalam novel Kala dan melihat relevansinya sebagai bahan ajar di SMA. Metodeyang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini berupa data tertulisnovel Kala karya Stefani Bella dan Syahid Muhammad yakni kalimat dan paragraf yangmemuat nilai pendidikan karakter dan relevansinya sebagai bahan ajar. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka, teknik simak dan catat. Teknikanalisis yang dilakukan yakni model semiotik meliputi pembacaan heuristik danhermeneutik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pendidikan karakter yangterkandung dalam novel Kala yakni 14 nilai pendidikan karakter (religius, jujur, toleransi,disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi,komunikatif, cinta damai, gemar membaca, dan tanggung jawab). 2) Relevansi hasilpenelitian sebagai bahan ajar cukup relevan dilihat dari kesesuaiannya dengan KI danKD 3.7 serta KD 4.7 kelas XI SMA.Kata Kunci: pendidikan karakter, novel, bahan ajar
Copyrights © 2021