ECIE JOURNAL
Vol. 2 No. 02 (2021): Early Childhood Islamic Education Journal, Volume 01, Nomor 02, Tahun 2021

Peran Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini di TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo

YuniBasri Indak (IAIN Sultan Amai Gorontalo)
Wiwik Pratiwi (IAIN Sultan Amai Gorontalo)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2021

Abstract

Abstrak: Guru sangat berperan penting pada proses pembelajaran lembaga pendidikan anak usia dini terutama dalam mengembangkan setiap aspek perkembangan anak. Salah satu contohnya adalah menumbuhkan kepribadian anak usia dini.. Fungsi yang sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap instruktur PAUD, khususnya fungsi guru dalam menumbuhkan kemandirian anak usia dini. Sehingga pelatih memiliki posisi yang sangat esensial dalam menciptakan kemandirian anak sejak dini. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini di TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo.Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh diantaranya: gambaran kemandirian anak usia dini di TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo adalah tanggung jawab (membereskan mainan sendiri, merapikan bukunya sendiri, membuang sampah pada temptanya sendiri dan mampu mengambil keputusan sendiri) dan mandiri (cuci tangan sendiri, makan sendiri, menyimpan peralatan tulis menulis sendiri, dan mandi sendiri); selanjutnya Peran guru dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini di TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo, sendiri diantaranya memberikan pembiasaan, penguatan mental, bimbingan, dan pemberian contoh. Kata Kunci: Peran guru, kemandirian. Abstract: Teachers play an important role in the learning process of early childhood education institutions, especially in developing every aspect of child development. One example is growing the personality of early childhood. A very important function that must be owned by every PAUD instructor, especially the function of the teacher in fostering the independence of early childhood. So that the coach has a very essential position in creating children's independence from an early age. This study uses a qualitative research model to describe the teacher's role in developing the independence of early childhood in TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo. The data collection techniques were observation, interviews, and documentation. The results obtained include: an overview of the independence of early childhood in TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo is responsibility (cleaning up their own toys, tidying up their own books, throwing garbage in their own place and being able to make their own decisions) and independent (washing their own hands, eating alone, keep your own writing utensils, and bathe yourself); Furthermore, the role of the teacher in developing the independence of early childhood in TK Kemala Bhayangkari 06 Gorontalo, itself includes providing habituation, mental strengthening, guidance, and giving examples. Keywords: The Role of the Teacher, Independence.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ecie

Publisher

Subject

Education

Description

ECIE Journal menerbitkan berbagai artikel dan hasil penelitian yang berkonsentrasi pada bidang kajian pendidikan dan perkembangan anak usia baik secara umum maupun dalam perspektif keIslaman. Publikasi dalam ECIE journal berbentuk riset penelitian dan terapan serta studi ...