cover
Contact Name
Sitti Rahmawati Talango
Contact Email
ecie-jurnalpiaud@iaingorontalo.ac.id
Phone
+6282347565311
Journal Mail Official
ecie-jurnalpiaud@iaingorontalo.ac.id
Editorial Address
Kampus II Jln. Sultan Amai No. 01 Desa Pone Kec. Limboto Barat, Kab. Gorontalo
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
ECIE JOURNAL
ISSN : -     EISSN : 27469115     DOI : -
Core Subject : Education,
ECIE Journal menerbitkan berbagai artikel dan hasil penelitian yang berkonsentrasi pada bidang kajian pendidikan dan perkembangan anak usia baik secara umum maupun dalam perspektif keIslaman. Publikasi dalam ECIE journal berbentuk riset penelitian dan terapan serta studi literatur
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 65 Documents
PERKEMBANGAN MENTAL ANAK DAN LINGKUNGANNYA Munirah; Jazimi, Ihyauddin
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 1 No. 1 (2020): Early Childhood Islamic Education Journal, Volume 01, Nomor 1, Tahun 2020
Publisher : Jurusan PIAUD IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini mengelaborasi tentang lingkungan yang merupakan tempat dimana seorang anak tumbuh dan berkembang, sehingga lingkungan banyak berperan dalam membentuk kepribadian dan karakter seseorang. Bagi kebanyakan anak, lingkungan keluarga merupakan lingkungan ini yang mempengaruhi perkembangan anak, setelah itu sekolah dan kemudian masyarakat. Keluarga dipandang sebagai lingkungan dini yang dibangun oleh orangtua dan orang-orang terdekat. Setiap keluarga selalu berbeda dengan keluarga lainnya, dalam hal ini yang berbeda misalnya cara didik keluarga, keadaan ekonomi keluarga. Setiap keluarga memiliki sejarah perjuangan, nilai-nilai, dan kebiasaan yang turun temurun yang Tugas berat para orang tua adalah meyakinkan fungsi keluarga mereka benar-benar aman, nyaman bagi anak-anak mereka. Rumah adalah surga bagi anak, dimana mereka dapat menjadi cerdas, sholeh, dan tentu saja tercukupi lahir dan bathinnya. Dapat dikatakan bahwa pendidikan dalam keluarga merupakan pendidikan awal bagi anak karena pertama kalinya mereka mengenal dunia terlahir dalam lingkungan keluarga dan dididik oleh orang tua. Sehingga pengalaman masa anak-anak merupakan faktor yang sangat penting bagi perkembangan selanjutnya, keteladanan orang tua dalam tindakan sehari-hari akan menjadi wahana pendidikan moral bagi anak, membentuk anak sebagai makhluk sosial, religius, untuk menciptakan kondisi yang dapat menumbuh kembangkan inisiatif dan kreativitas anak. Dengan demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa peran kelurga sangat besar sebagai penentu terbentuknya moral manusia-manusia yang dilahirkan.
PENERAPAN METODE AL-SIMA’ WA AL-MUHAFAZAH DALAM PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK KELOMPOK A DI RA ALKHAIRAAT TILAMUTA KAB. BOALEMO Abubakar, Salma; Pratiwi, Wiwik
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 1 No. 1 (2020): Early Childhood Islamic Education Journal, Volume 01, Nomor 1, Tahun 2020
Publisher : Jurusan PIAUD IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini yakni bagaimana Penerapan Metode Al-Sima’ Wa Al-Muhafazah Dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah Pada Anak Kelompok A Di RA Alkhairaat Tilamuta Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan pengetahuan anak mengenal dan menghafal huruf hijaiyah dengan Penerapan Metode Al-Sima’ Wa Al-Muhafazah Dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah Pada Anak Kelompok A Di RA Alkhairaat Tilamuta Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo dan untuk mengetahui faktor penghambat dan solusi pada penerapan Metode Al-Sima’ Wa Al-Muhafazah dalam pembelajaran huruf hijaiyah pada anak kelompok A di RA Alkhairaat Tilamuta. Jenis penelitian ini tergolong jenis kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah Pendekatan Fenomenologis dan Pendekatan Edukatif. Selanjutnya teknik pengumulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, display ataucara penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh penerapan Metode Al-Sima’ Wa Al-Muhafazah dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah Pada Anak Kelompok A Di RA Alkhairaat Tilamuta adalah a) anak mampu mengenal huruf hijaiyah, b) anak mampu membedakan huruf-huruf hijaiyah c) anak mampu menghafal huruf hijaiyah. Faktor penghambat dan solusi pada penerapan Metode Al-Sima’ Wa Al-Muhafazah dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah Pada Anak Kelompok A Di RA Alkhairaat Tilamuta adalah a) kurangnya pengulangan materi di rumah, b) suasana hati anak c) ketidak hadiran anak d) keterlambatan anak dan solusinya adalah a) meningkatkan kerjasama orang tua dan anak b) memvariasi mediayang digunakan
ANALISA KESAMAAN POLA FILM FAVORIT & WARNA FAVORIT SESEORANG Iskandar, Suhendra
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 1 No. 1 (2020): Early Childhood Islamic Education Journal, Volume 01, Nomor 1, Tahun 2020
Publisher : Jurusan PIAUD IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan bentuk analisa kesamaan pola film favorit terhadap warna favorit seseorang.Sebanyak 80 orang responden disurvei untuk mengetahui genre film favorit, warna favorit, dan warna paling tidak favoritnya. Diperoleh hasil bahwa untuk responden yang memfavoritkan film horor, 77,5 % memilih warna terang sebagai warna favoritnya dan 75 % memilih warna warna gelap sebagai warna paling tidak favoritnya, untuk responden yang memfavoritkan film komedi, melodrama, dan romansa, 100 % memilih warna terang sebagai warna favoritnya dan warna gelap sebagai warna paling tidak favoritnya, sementara untuk responden yang memfavoritkan film aksi, 100 % memilih warna gelap sebagai warna favoritnya dan warna terang sebagai warna paling tidak favoritnya.Ternyata, terdapat kesamaan pola film favorit dan warna favorit seseorang.
PENINGKATAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL MELALUI PERMAINAN BALOK PADA KELOMPOK B DI TK ANGGREK MEKAR HAYA-HAYA KECAMATAN LIMBOTO BARAT KABUPATEN GORONTALO Giasi, Nurnaningsih
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 1 No. 1 (2020): Early Childhood Islamic Education Journal, Volume 01, Nomor 1, Tahun 2020
Publisher : Jurusan PIAUD IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak yang memiliki kecerdasan visual–spasial, akan memiliki perasaan dan intuisi erhadap suatu objek disekitarnya, dengan demikian hal tersebut dapat melatih kemampuan berpikir anak. Melalui kemampuan ini anak akan memiliki banyak pengalaman yang berfokus pada hubungan bentuk-bentuk geometri: arah, orientasi, perspektif benda dalam ruang, hubungan bentuk dan ukuran benda, dan bagaimana hubungan antara perubahan bentuk dengan ukuran. Oleh karena itu cara yang diberikan kepada anak agar lebih baik yaitu melalui pembelajaran yang efektif, menyenangkan, serta dapat membangkitkan semangat dan motivasi anak. Pembelajaran melalui permainan balok dapat membina anak untuk dapat meningkatkan kreativitas, melatih kemampuan berpikir serta dapat mengenalkan konsep-konsep ruang, ukuran dan bentuk. Penelitian tindakan kelas ini menunjukkan hasil peningkatan kecerdasan visual spasial melalui permainan balok yaitu pada siklus I , 45% atau 9 orang anak sudah mampu atau memiliki kecerdasan visual-spasial yang diharapkan dan pada siklus ke II mencapai 75% atau 15 anak.
KONSEP PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI Talango, Sitti Rahmawati
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 1 No. 1 (2020): Early Childhood Islamic Education Journal, Volume 01, Nomor 1, Tahun 2020
Publisher : Jurusan PIAUD IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang konsep perkembangan anak usia dini , yang meliputi beberapa aspek seperti aspek kognitif, bahasa, afisik-motorik, sosial emosional, dan moral. Aspek kognitif berhubungan dengan kemampuan berfikir anak, aspek bahasa berhubungan dengan dengan kemampuan anak menerima bahasa dan mengekspresikannya, aspek fisik motorik berkenaan dengan kemampuan anak dalam mengkoordinasi gerak otot besar dan hotot halus, aspek sosial emosional berkenaan dengan kemampuan anak berinteraksi dalam lingkungan sosialnya dan aspek moral berhubungan dengan kemammpuan anak dalam mengatur perilakunya. Seluruh aspek ini memiliki kriteria yang disebut dengan tugas-tugas perkembangan, yang dapat dicapai secara bertahap, dan memerlukan stimulasi yang tepat.
KONSEP RELASI ANAK DAN ORANG TUA Arif, Muh.; Busa, Ismail
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 1 No. 1 (2020): Early Childhood Islamic Education Journal, Volume 01, Nomor 1, Tahun 2020
Publisher : Jurusan PIAUD IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini mengungkap tentang hubungan anak dengan orang tua, baik hubungan antara anak dengan orang tua yang memiliki tanggung jawab kepada keduanya. Demikian pula berkaitan dengan hak dan kewajiban antara anak dan orang tua. Hubungan antara anak dengan orang tua sangat prinsipil dalam kehidupan manusia. Islam telah mengajarkan kepada manusia yang berakal untuk berbuat baik, kebaikan itu terletak pada keridhaan Allah. Sebaliknya keburukan terletak pada kemurkaan-Nya. Jadi pada hakikatnya keridhaan dan kemurkaan Allah tergantung bagaimana interaksi manusia dengan sesamanya, dengan berbuat kebaikan kepada Allah swt., tidak akan tercapai kecuali berbuat baik kepada orang tua agar mendapat keredhaannya. Demikian pula pada makhluk-makhluk-Nya yakni terjadinya hablun minallâh dan hablun minannâs.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BIGBOOK TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK TK AL-WATHANIYAH KECAMATAN KOTA TIMUR KOTA GORONTALO Kuku, Alfasana; Arsyad, Lukman
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 1 No. 1 (2020): Early Childhood Islamic Education Journal, Volume 01, Nomor 1, Tahun 2020
Publisher : Jurusan PIAUD IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu ingin mengetahui apakah ada pengaruh media pembelajaran bigbook terhadap kemampuan menyimak anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan mendalam mengenai pengaruh media pembelajaran bigbook terhadap kemampuan menyimak anak pada kelompok A TK Al- wathaniyah kecamatan kota timur kota gorontalo. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 18 sehingga penelitian ini dikatakan sebagai penelitian populasi. Selanjutnya pengumpulan data penulis menggunakan observasi, angket, tes dan dokumentasi, dan jenis analisis data menggunakan tahapan SPSS 16. Berdasarkan hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa media pembelajaran bigbook memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menyimak anak yaitu sebesar 95% dan di peroleh thitung = -23.252 dan nilai sig.(2-tailed) = 0.000. Sebab Nilai signifikannya 0.000 < 0.005 maka H0 di tolak dan Hi diterima. Dengan demikian media pembelajaran bigbook berpengaruh positif terhadap kemampuan menyimak anak. Dari penelitian ini guru dapat mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian media pembelajaran bigbook terhadap kemampuan menyimak anak. Sehingga diharapkan kepada guru lebih kreatif memilih media yang digunakan sehingga peserta didik lebih bersemangat untuk menerima pelajaran.
PENGEMBANGAN KARAKTER ISLAMI DALAM MEMBENTUK KESALEHAN SPIRITUAL DAN SOSIAL ANAK DI LINGKUNGAN YAYASAN DARUL MUBIN KOTA GORONTALO Kasidi
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 1 No. 1 (2020): Early Childhood Islamic Education Journal, Volume 01, Nomor 1, Tahun 2020
Publisher : Jurusan PIAUD IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Transformasi nilai-nilai positif yang berupa nilai-nilai agama dan budaya menjadi perhatian khusus bagi semu pihak terutama bagi para orang tua dan para penyelenggara pendidikan, pemerintah dan termasuk masyarakat dalalm era milenial saat ini, Oleh karena itu tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji tentang Pengembangan Karakter Islami Dalam Membentuk Kesalehan Spiritual Dan Sosial Anak Di Lingkungan Yayasan Darul Mubin Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bersifat fenomenologis yang menghasilkan data deskriptif penuh makna dengan beberapa pendekatan yakni; pendekatan psikologis, sosiologis dan educatif; penelitian ini mengambil lokasi yang di pilih adalah Yayasan Darul Mubin Kelurahan Buliide Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo. Hasil dari pada penelitian ini dapat digambarkan bahwa Pengembangan Karakter Islami Dalam Membentuk Kesalehan Spiritual Dan Sosial Anak Di Lingkungan Yayasan Darul Mubin Kota Gorontalo, adalah merupakan perwujudan dari pada pendidikan karakter peserta didik..
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DENGAN MEDIA PUZZLE GERAKAN SHOLAT DI KELOMPOK B2 RAUDHATUL ATHFAL ALMOURKY KECAMATAN TELAGA KABUPATEN GORONTALO Duhuto, Dewanti; Kasidi
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 1 No. 2 (2020): Early Childhood Islamic Education Journal, Volume 01, Nomor 2, Tahun 2020
Publisher : Jurusan PIAUD IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gambaran proses meningakatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini melalui media puzzle gerakan sholat dan Faktor yang mendukung dan menghambat proses meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini melalui media puzzle gerakan sholat di kelompok B2 RA AlMourky Kecamatan Telaga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualiatif dengan pendekatan naratif. Selanjutnya, sumber data yakni data primer dan data sekunder teknik pengumpulan data yakni observasi wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh terkait dengan meningkatkan sosial emosional anak melalui media puzzle gerakan sholat bahwa media puzzle dapat meningkatkan kemampuan sosial emosi anak hanya dibutuhkan beberapa strategi khusus dalam mengajarkannya dan dalam mengatasi masalah yang dapat menghambat proses meningkatkan kemampuan sosial emosi anak dan ada media yang lebih tepat lagi sesuai dengan indikator yang ada. Saran untuk pendidik dan orang tua agar bekerja sama dalam melatih kemampuan sosial emosi anak sejak dini.
MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK MELALUI MEDIA PAPAN GRAFIK DI KELOMPOK B1 RA AL-MOURKY KEC.TELAGA KAB.GORONTALO Kaunang, Jurmita; Arsyad, Lukman
Early Childhood Islamic Education Journal Vol. 1 No. 2 (2020): Early Childhood Islamic Education Journal, Volume 01, Nomor 2, Tahun 2020
Publisher : Jurusan PIAUD IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini yakni Gambaran Umum Tentang Kecerdasan Visual-Spasial Anak? Bagaimana proses pembelajaran dengan Menggunakan Media Papan Grafik? Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak melalui media papan grafik ? . Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi teknik.Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Anak sudah bisa melatih daya pikir dengan menyusun bentuk-bentuk serta warna buah yang ada di dalam papan grafik. 2) Proses pembelajaran dengan Menggunakan Media Papan Grafik, anak sudah bisa mengerjakan tugasnya dengan baik tanpa arahan guru untuk memperagakannya. 3) faktor penghambatnya anak tidak bisa sabaran dalam menunggu giliran sedangkan faktor pendukung tersediannya media pembelajaran. Saran penelitian ini diharapkan kepada guru terlebih kepada orang tua agar lebih dalam lagi untuk mengulang kembali apa yang menjadi kebutuhan anak terutama dalam pembelajaran yang telah diberikan oleh guru di sekolah. Bagi peneliti agar lebih memahami tentang meningkatkan visual-spasial anak melalui media papan grafik agar anak lebih serius dalam menerima pembelajaran.