Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap aspek-aspek pengajaran keterampilan berbahasa dalam lomba drama Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan telaah dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model Miles & Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah: Kompetisi drama Arab di PMDG setidaknya memiliki tiga elemen utama yang mendukung pengajaran bahasa. Pertama, proses penyusunan naskah drama yang mendukung pengajaran keterampilan membaca dan menulis. Kedua, pelaksanaan latihan drama yang mendukung pengajaran keterampilan membaca dalam bentuk membaca dalam hati dan membaca nyaring, serta keterampilan berbicara dalam bentuk tanya jawab, menghafal dialog, dan bercerita. Ketiga, proses menonton drama yang mendukung pengajaran keterampilan menyimak berupa menyimak untuk mengetahui dan menyimak untuk menikmati dan menilai.
Copyrights © 2022