Jurnal Ekonomika dan Manajemen
Vol 5, No 1 (2016)

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering (IPO)

Said Said (Universitas Budi Luhur)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2016

Abstract

Underpricing adalah fenomena Initial Public Offering (IPO) yang sering terjadi di pasar modal dan telah dibuktikan oleh para peneliti di banyak negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat underpricing. Underpricing yang diukur dengan abnormal return awal adalah variabel dependen dalam penelitian ini. Sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah profitabilitas perusahaan (ROA), financial leverage (DER), umur perusahaan, ukuran perusahaan, dan tujuan penggunaan dana untuk investasi.Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling terdapat 38 perusahaan sebagai sampel penelitian. Model regresi berganda digunakan untuk menguji hubungan antara variabel dependen dan independen.Dari hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan dan tujuan penggunaan dana untuk berinvestasi secara signifikan mempengaruhi underpricing tersebut. Arah koefisien negatif dengan tiga variabel. Ada variabel, umur perusahaan , profitabilitas perusahaan (ROA), dan financial leverage (DER) terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap terjadinya underpricing

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ema

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Finance, Marketing, Operation, and Human Resource Management, Entrepreneurship, Business ethics, Sustainability, Knowledge Management and Learning ...