cover
Contact Name
Retno Fuji Oktaviani
Contact Email
retno.fujioktaviani@budiluhur.ac.id
Phone
+6281212847910
Journal Mail Official
jem@budiluhur.ac.id
Editorial Address
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomika dan Manajemen
ISSN : 22526226     EISSN : 26228165     DOI : http://dx.doi.org/10.36080/jem.v11i1.1706
Core Subject : Economy,
Finance, Marketing, Operation, and Human Resource Management, Entrepreneurship, Business ethics, Sustainability, Knowledge Management and Learning Organization
Articles 132 Documents
Analisis faktor untuk mengetahui pengaruh personal selling dan word of mouth tehadap keputusan pembelian suatu studi kasus pada PT. Starmas inti alumunium industry Budi Rahardjo
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.795 KB) | DOI: 10.36080/jem.v2i1.294

Abstract

Analisis Faktor adalah salah satu metode statistik untuk mengekstrasi variabel konstruks, yaitu variabel yang tidak dapat diukur secara langsung, dan merupakan salah satu dari analisis ketergantungan antar variabel. Salah satu kegunaan analisis faktor adalah melakukan pemeriksaan validitas dan reliabilitas instrumen penelitian (berupa kuesioner). Besarnya korelasi antar variabel independen harus cukup kuat, yang diukur dengan Kaiser-Mayer-Oikin Measure of Sampling Adequacy (KMO) > 0,5 dan Signifikansi < 0,05. Besarnya korelasi parsial, korelasi antar dua variabel dengan menganggap tetap variabel lain, justru harus kecil. Pada SPSS deteksi terhadap korelasi parsial diberikan melalui pilihan Anti-Image Correlation atau nilai Measure of Sampling Adequacy (MSA) > 0,5 jika kurang dianggap indikator tidak valid dan harus dikeluarkan Penerapan analisis faktor terhadap studi kasus faktor personal selling (X1) yang terdiri dari 8 indikator dan di ekstrat menjadi 3 indikator yang valid dan hanya menjelaskan variabel personal selling. Faktor Word of Mouth (X2) yang terdiri dari 4 indikator dan di ekstrat menjadi 3 indikator yang valid dan hanya menjelaskan variabel Word of Mouth. Faktor Keputusan Pembelian (Y) yang terdiri dari 4 indikator dan di ekstrat menjadi 3 indikator yang valid dan hanya menjelaskan variabel Keputusan Pembelian. Tetap didalam analisis faktor, langkah dilanjutkan dengan pembentukan variabel komposit atau gabungan melalui faktor score untuk analisa selanjutnya yaitu regresi.
Pengaruh Etos Kerja, Kepemimpinan, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat) Hakam Ali Niazi; Muman Nuryana; Suhartono Suhartono
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.576 KB) | DOI: 10.36080/jem.v8i1.862

Abstract

Pemerintah bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan penanggulangan bencana meliputi fokus rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana. Jaminan pemenuhan hak masyarakat dan pengungsi yang terkena bencana secara adil dan sesuai dengan standar pelayanan harus segera diupayakan, hal ini untuk mengantisipasi korban yang lebih banyak. Populasi pada dasarnya merupakan wilayah yang akan dikenai generalisasi dari suatu hasil penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan BPBD NTB. Dalam menentukan besarnya sampel penulis menggunakan teknik pengambilan Snowball sampling, teknik pengambilan sampel berdasarkan korespondensi dengan meminta informasi dari sampel tangan pertama untuk mendapatkan sampel berikutnya sampai kebutuhan sampel penelitian terpenuhi. Etos Kerja, Kepemimpinan, Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja, dan dampaknya terhadap Kinerja Karyawan memiliki pengaruh yang signifikan.
STRATEGIK PENGEMBANGAN USAHA MIKRO-KECIL-MENENGAH GUNA MENGHADAPI TANTANGAN DI ERA MEA Siska Maya
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (714.822 KB) | DOI: 10.36080/jem.v6i2.412

Abstract

Perekonomian Indonesia berfluktuasi setiap tahunnya. Pertumbuhan ekonomi terdorong salahsatunya akibat kebijakan yang dikonsentrasikan pemerintah pada usaha mikro-kecil-menengah (UMKM). Efek dari pertumbuhan ini bisa dikatakan sangat luas mulai dari penyerapan tenaga kerja, kesejahteraan masyarakat dan peningkatan produk domestik regional. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui lebih dalam faktor-faktor internal yang ada pada usaha mikro kecil menengah di Kecamatan Sukmajaya Depok, faktor-faktor eksternal yang ada pada usaha mikro kecil menengah di Kecamatan Sukmajaya Depok dan strategi-strategi yang sebaiknya diterapkan pada usaha mikro kecil menengah di Kecamatan Sukmajaya Depok. Peran serta Pemerintah dalam perkembangan UMKM sangat penting. Peran ini bisa melalui kebijakan-kebijakan yang diterapkan dan dijalankan oleh para steakholder. Perencanaan strategis yang dilakukan adalah top down artinya peran aktif pemerintah perlu di lakukan.
Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja (Studi Kasus Departement Technical PT. Surya Toto Indonesia Tbk, Divisi Fitting, Tangerang Selatan) Hasan Ipmawan
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.467 KB) | DOI: 10.36080/jem.v4i1.311

Abstract

Sebagai upaya peningkatan sumberdaya manusia dalam hal hasil kerja karyawan atau kinerja supaya perusahaan PT. Surya Toto Indonesia Tbk. tetap bersaing di pasar bebas perlu secara terus-menerus dilakukan suatu penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara kepemimpinan transformasional, motivasi kerja dan kompetensi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada karyawan PT. Surya Toto Indonesia Tbk di Department Technical – Divisi Fitting-Serpong. Data yang digunakan dalam penelitian ini berisi persepsi dari pegawai dengan karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin, usia, gelar akademik, posisi jabatan di tempat kerja. Untuk analisis data menggunakan metode regresi berganda dengan bantuan program SPSS v.21.Hasil penelitian secara simultan menunjukkan adanya pengaruh kepemimpinan transformasional , motivasi kerja dan kompetensi terhadap kinerja karyawan, yaitu sebesar sebesar 77,2%, sedangkan sisanya sebesar 22,8 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Uji F menunjukkan bahwa F hitung > F tabel atau 67.103> 3.250 yang menunjukkan cukup bukti untuk menolak Ho dan menerima Ha. Keseluruhan variabel mempunyai hubungan yang kuat dan signifikan dengan kinerja  karyawan pada PT. Surya Toto Indonesia Tbk di Department Technical – Divisi Fitting-Serpong.
DETERMINANTS OF CUSTOMER’S SPENDING WITH MOBILE PAYMENT AS INTERVENING VARIABLES: CONCEPTUAL PERSPECTIVES Berlian Karlina; Anita Wahyu Indrasti
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 9, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (604.918 KB) | DOI: 10.36080/jem.v9i2.1250

Abstract

The objective of this research is to develop specific factors that could influence customer’s spending with mobile payment as intervening variables to the conceptual perspectives. This paper examines the potential determinants to spending with conceptual perspectives: consumer features, business features, and technology features. Mobile transaction is the intervening variables that may affect the conceptual perspectives to spending. Survey questionnaires will be distributed to about 120 mobile payment users in DKI Jakarta using convenient sampling method. Data collected will be analyzed using regression technique to determine the significant levels of interactions between the dependent, intervening variables, and independent variables. The result of this study could help firms understand the consumer’s perspective to spend by using mobile payment as media of transaction. This could also be relevant for Indonesia to face Industry Revolution 4.0. This research would also provide useful data that could help the industry determine consumers’ mobile payment needs in the context of Indonesia. The empirical insights from this study would also be useful for theory building.
Analisis Profitabilitas dan Defisit Finansial Terhadap Kewajiban Perusahaan (Kajian dengan Pecking Order Theory) pada Perusahaan yang Go Public di Bursa Efek Indonesia Mia Laksmiwati; Zaini Fathor Rachman
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.017 KB) | DOI: 10.36080/jem.v1i1.277

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh Profitabilitas, Defisit Finansial terhadap Kewajiban Perusahaan,khususnya dengan pendekatan metode Pecking Order  Theory. Penelitian dilakukan di perusahaan yang telah go public dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia selama periode 2006  –  2008. Data penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi. Penelitian menghasilkan bahwa secara parsial menunjukkan bahwa hanya profitabilitas yang berpengaruh terhadap kebijakan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dananya khususnya hutang. Hal ini sesuai dengan Pecking Order Theory. Sedang secara simultan profitabilitas, defisit  finansial berpengaruh terhadap kebijakan hutang perusahaan sebesar 10,50 % dan sisanya dipengaruhi oleh variabel variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Sehubungan dengan hasil di atas maka disarankan agar perusahaan tetap Apabila probabilitas perusahaan cukup tinggi, disarankan kepada manajemen perusahaan untuk meningkatkan laba ditahannya dan mengutamakan laba ditahan sebagai sumber pendanaan perusahaan karena paling efisien dan paling aman. Berkaitan dengan itu maka kebijakan dividen perusahaan perlu mendapat perhatian yang lebih serius sehingga memungkinkan laba ditahan lebih besar dengan tidak mempengaruhi harga saham perusahaan
Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Net Profit Margin Dan Total Asset Turnover Terhadap Earning Per Share Welas Welas
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 5, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.072 KB) | DOI: 10.36080/jem.v5i1.327

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh current ratio, debt to equity ratio net profit margin dan total assets turnover terhadap earning per share (studi empiris pada perusahaan publik sub sektor Kimia Periode 2011–2015). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor kimia  yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini mengambil sampel 9 perusahaan dari populasi sebanyak 10 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder, berupa laporan keuangan perusahaan sub sektor kimia yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Metode penelitian yang digunakan adalah pengujian hipotesis dengan analisis pengujian asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis yang terdiri dari Uji t dan Uji Goodness of Fit Test (Uji-F), dan analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara Debt to Equity Ratio  dan Total Asset Turnover  terhadap Earning Per Share, dan tidak adanya pengaruh antara Current Ratio dan Net Profit Margin terhadap Earning Per Share.
PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO DAN TOTAL ASSETS TURNOVER TERHADAP RETURN ON EQUITY (Studi Empiris pada Perusahaan Publik Sub Sektor Advertising, Printing, dan Media di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019) Ivo Rolanda; Mia Laksmiwati
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 11, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.831 KB) | DOI: 10.36080/jem.v11i1.1706

Abstract

This study aims to determine the effect of Current Ratio on Return On Equity, Debt to Equity Ratio on Return On Equity, and Total Asset Turnover on Return On Equity ln the Advertising, Printing, and Media sub-sectors listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2015–2019. The sample of this study was determined using the purposive sampling method so that 15 companies were selected ln the Advertising, Printing, and Media sub-sectors that were listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2015-2019 period. This study was conducted using multiple linear regression methods assisted by SPSS version 22.0 and Microsoft Excel 2016. The results showed that Current Ratio, Debt to Equity and Total Asset Turnover had an effect on Return On Equity.
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Produk DD Super Pia,Tangerang, Dengan Menggunakan Regresi Logistik Periode Agustus - Oktober 2011 Budi Rahardjo
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.6 KB) | DOI: 10.36080/jem.v1i2.289

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan semakin banyaknya usaha-usaha di bidang makanan. DD SUPER PIA adalah usaha home industry yang bergerak pada bidang makanan ringan, yang mencoba memberikan produk yang berbeda dari yang sudah ada dengan melakukan inovasi. Usaha di bidang makanan ringan tentunya memiliki banyak tantangan, salah satunya adalah bagaimana meneliti keputusan pembelian oleh pelanggan sehingga pelanggan akan membeli produk secara konsisten. Salah satu cara yang dilakukan agar dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan para pelanggan, yaitu dengan melakukan riset mengenai konsumen dan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah membahas tentang faktor – faktor bauran pemasaran yang dilakukan DD SUPER PIA, apakah bauran tersebut sudah benar atau kurang, sehingga kedepannya perusahaan dapat melakukan tindakantindakan yang benar dan tepat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan karakter sampel, serta faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian oleh pelanggan. Penelitian deskriptif ini menggunakan regresi logistik biner, dimana variabel independen (prediktor) adalah faktor-faktor bauran pemasaran: Product(x1), Price(x2), Place(x3), Promotion(x4), People(x5), Physical Envidence(x6) dan Process(x7) dengan varibel dependen (outcome): Keputusan Pembelian(Y), dimana didalam keputusan pembelian variabel dependen bersifat dikotomi, pilihan 0 untuk responden yang kadangkadang membeli dan 1 untuk responden yang sering membeli Dari hasil Regresi Logistik Biner diperoleh dengan ketepatan prediksi 69%, telihat bahwa Physical Envidence(x6), Prosess (x7) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan produk DD SUPER PIA
Pengaruh Otonomi Pendidikan Tinggi Terhadap Strategi Kerjasama dan Bauran Pemasaran Serta Implikasinya Pada Kinerja Program Studi di Kopertis Wilayah 1 Marion Sibarani
Jurnal Ekonomika dan Manajemen Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.565 KB) | DOI: 10.36080/jem.v6i1.338

Abstract

Relatif rendahnya kualitas lulusan perguruan tinggi dalam negeri dibandingkan dengan lulusan perguruan tinggi negara - negara Asia lainnya disebabkan berbagai premis yang dikemukakan terkait dengan otonomi pendidikan tinggi, strategi kerjasama, bauran pemasaran, dan kinerja program studi. Jawaban terhadap premis-premis tersebut didapat melalui persamaan model struktural dan interpretasi hasil pengolahan data. Kebijakan otonomi pendidikan berpengaruh positif cukup besar terhadap pelaksanaan strategi bauran pemasaran jasa oleh program studi Perguruan Tinggi Swasta, antara lain memperlancar upaya penciptaan program-program baru, upaya penyesuaian biaya pendidikan akademik, upaya meningkatkan sarana, prasarana dan kualitas staff maupun non akademik. Kebijakan otonomi Pendidikan akan mampu meningkatkan kerja sama program studi Perguruan Tinggi Swasta, dan serta meningkatkan keberhasilannya dalam mencapai tujuan Perguruan Tinggi Swasta yang telah ditentukan. Hal ini menunjukkan, bahwa strategi kerja sama dan strategi bauran pemasaran jasa yang diimplementasikan pada program studi di Perguruan Tinggi Swasta saling berinteraksi. Dalam pelaksanaan kerjasama staff akademik / non akademik saling berinteraksi dengan bauran pemasaran jasa dalam upaya peningkatan kualitas SDM. Kerjasama pemanfaatan sarana dan pemanfaatan prasarana saling berinteraksi dengan upaya peningkatan proses pembelajaran, Kerjasama dalam pengabdian kepada masyarakat saling berinteraksi dengan upaya promosi.

Page 1 of 14 | Total Record : 132