Jurnal Ekonomika dan Manajemen
Vol 6, No 2 (2017)

PENGARUH CURRENT RATIO (CR), RETURN ON EQUITY (ROE), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP HARGA SAHAM (PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PROPERTY DAN REAL ESTATE DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2011-2015)

Heni Zulia Sari (Universitas Budi Luhur)
Astrid Dita Meirina Hakim (Universitas Budi Luhur)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2017

Abstract

Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan dan sebagai sarana bagi kegiatan investasi oleh investor atau masyarakat. Investasi dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan oleh karena itu, untuk mencapai tujuan tersebut perusahaan harus meningkatkan nilai perusahaan. Hal tersebut akan berpengaruh pada peningkatan harga saham perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio Current Ratio (CR), Return on Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), and Earning Per Share (EPS) terhadap Harga saham pada perusahaan sub sektor property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2015. Pemilihan sampel menggunakan metode Purposive Sampling, Sampel yang digunakan sebanyak 18 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan periode 2011-2015. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan program Microsoft Excel 2010 dan SPSS (Statistical Package for the Social Science) versi 20.0 dengan metode stepwise. Hasil pengujian menunjukan bahwa variabel yang berpengaruh yaitu Earning Per Share (EPS) berpengaruh positif signifikan, dan Return On Equity (ROE) berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham. Sedangkan variabel Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap harga saham.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ema

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Finance, Marketing, Operation, and Human Resource Management, Entrepreneurship, Business ethics, Sustainability, Knowledge Management and Learning ...