Relevan
Vol 1 No 1 (2021): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION

Fitriana (Mahasiswa UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tipe STAD pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di SMK Negeri 1 Pantai Cermin Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan rancangan kelompok tes awal-akhir secara acak. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 7 kelasAnalisis data menggunakan uji-t telah terpenuhi prasyarat sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dengan varians yang homogen baik pada tes awal maupun tes akhir. Pertama, hasil tes awal menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model TGT dan STAD. Kedua, hasil tes akhir menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika yang diajar dengan model pembelajaran TGT adalah 137,867 dengan simpangan baku 36,7 sedangkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika yang diajar dengan model pembelajaran STAD adalah 106,567 dengan simpangan baku 22,6. Kemampuan pemecahan masalah matematika yang diajar dengan TGT lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika yang diajar dengan STAD. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Teams Games Tournament (TGT), Students Teams Achievement Division (STAD). ABSTRACT This study aims to determine the difference in problem solving abilities of students who are taught with cooperative learning models of the TGT type and the STAD type in the material for the Three Variable Linear Equation System at SMK Negeri 1 Pantai Cermin for the 2019/2020 academic year. This study used a quasi-experiment with a randomized pre-test group design. The population is all students of class X, totaling 7 classes. Data analysis using the t-test has met the prerequisites for the sample to come from a normally distributed population with homogeneous variance in both the initial and final tests. First, the results of the initial test showed that there was no difference in mathematical problem solving ability with the TGT and STAD models. Second, the final test results show that there is a significant difference in problem-solving abilities taught by the TGT and STAD types of cooperative learning models. The average value of mathematical problem-solving skills taught by the TGT learning model is 137.867 with a standard deviation of 36.7 while the average mathematical problem-solving ability taught by the STAD learning model is 106.567 with a standard deviation of 22.6. The problem-solving ability of mathematics taught by TGT is higher than the problem-solving ability of mathematics taught by STAD. Keywords : Problem Solving Ability, Model Teams Games Tournament (TGT), Students Teams Achievement Division (STAD).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika dengan p-ISSN : 2808-8832 dan e-ISSN : 2808-8670. Jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang Pendidikan Matematika, Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan ...