Relevan
Vol 1 No 1 (2021): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL DENGAN METODE ELIMINASI GAUSS JORDAN

Novia Lestari (Mahasiswa UIN Sumatera Utara)
Fauziah Nasution (Mahasiswa UIN Sumatera Utara)
Lisa Dwi Afri (Mahasiswa UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2021

Abstract

Riset ini dilaksanakan untuk mengetahui letak kesalahan peserta didik, jenis kesalahan peserta didik, dan faktor penyebab kesalahan peserta didik menyelesaikan soal SPL dengan metode gauss- jordan pada Siswa MAN Batubara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII-IPA2 MAN BatuBara yang berjumlah 26 siswa dengan mengambil 8 siswa untuk dijadikan sebagai subjek wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Siswa berkemampuan tinggi, terdapat 4 siswa dengan pencapaian rentang nilai mulai dari 81-100 yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM); 2) Siswa berkemampuan sedang, terdapat 4 siswa dengan pencapaian rentang nilai mulai dari 65-80 yang hampir dibawah KKM; 3) Siswa berkemampuan rendah, memiliki kesalahan yang cukup banyak dengan pencapaian rentang nilai mulai dari 0-64 nilai dibawah KKM. Simpulan penelitian ini menjelaskan (1) Letak kesalahan siswa adalah: (a) Kesalahan Fakta, (b) membuat model matematika, (c) kesalahan Operasi, (d) kesalahan penulisan angka, dan (e) kesalahan tidak menjawab soal, (2) faktor yang menyebabkan kesalahan siswa yaitu: (a) faktor kesalahan fakta (b) faktor kesalahan konsep, (c) faktor kesalahan operasi, (d) faktor kesalahan kecerobohan, dan (e) faktor kesalahan penarikan kesimpulan. Kata Kunci : Kesalahan Siswa; Menyelesaikan Soal; Metode Gauss Jordan. ABSTRACT This research was carried out to find out the location of student errors, types of student errors, and factors causing student errors in solving SPL questions using the gauss-jordan method for students of MAN Batu Bara. This research is a qualitative research, with the type of descriptive research. The research subjects were students of class XII-IPA2 MAN Batubara totaling 26 students by taking 8 students to serve as interview subjects. Data analysis was carried out by collecting data, presenting data, reducing data, and drawing conclusions. These findings indicate: 1) High-ability students, there are 4 students with a range of scores ranging from 81-100 who meet the Minimum Completeness Criteria (KKM); 2) Students with moderate ability, there are 4 students with the achievement of a range of values ranging from 65-80 which is almost below the KKM; 3) Low-ability students, have quite a lot of errors with the achievement of a range of values ranging from 0-64 scores below the KKM. The conclusions of this study explain (1) The location of students' errors are: (a) Fact errors, (b) making mathematical models, (c) Operation errors, (d) number writing errors, and (e) errors not answering questions, (2) The factors that cause student errors are: (a) fact error factor (b) conceptual error factor, (c) operating error factor, (d) carelessness error factor, and (e) conclusion error factor. Keywords ; Student Errors, Solving Problems, Gauss Jordan Method.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika dengan p-ISSN : 2808-8832 dan e-ISSN : 2808-8670. Jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang Pendidikan Matematika, Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan ...