Relevan
Vol 1 No 2 (2021): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PERBANDINGAN KREATIVITAS SISWA MELALUI METODE DRILL DAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK : PERBANDINGAN KREATIVITAS SISWA MELALUI METODE DRILL DAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

Adelia Wulandari Tanjung (UIN SUMATERA UTARA)
Salim (UIN Sumatera Utara)
Indra Jaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Perbandingan Kreativitas melalui Metode Drill  dan Pendekatan Matematika Realistik pada Materi Program Linier di Perguruan Islam Cerdas Murni Tembung Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasinya seluruh siswa kelas XI IPA SMA Perguruan Islam Cerdas Murni Tembung. Sampel penelitian ini adalah kelas  XI IPA1  sebagai kelas eksperimen A yang diajar dengan metode drill dan kelas  XI IPA2  Sebagai kelas eksperimen B yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Pendekatana Matematika Realistik. Penelitian ini menggunakan 5 butir tes soal kemampuan kreativitas siswa. Kemudian dianalisis secara deskriptif menggunakan teknik analisis varians dilanjutkan dengan Uji Tukey. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut : (1) Terdapat perbandingan kemampuan kreativitas yang diajar menggunakan metode drill dan Pendekatan Matematika Realistik. Kata Kunci : Drill; Pendekatan Matematika Realistik; Kreativitas Siswa.   ABSTRACT       This study aims to determine; The Comparison of Student’screativity and Mathematics the Drill method and Tealistic Mathematics Aprroach in Linier Program Materisals at the Cerdas Murni Tembung Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang. This research is an experimental study with the population of all students of class XI IPA SMA Perguruan Islam Cerdas Murni Tembung. The sample of this research is class XI IPA1  as experimental class A which is taught by drill method and clas XI IPA2  as experimental class B which is taught using Realistic Mathematics Approach Learning Model. This study uses 5 test items about students creativity abilities. Then analyzed descriptive using anlysisis of variance technique followed by Tukey test. Based on the reasult of the study, the following conclusions were obtained; (1) there was a comparison of creativity abilities taught using the drill method and realistic mathematics Approach.  Keywords ; Drill; Realistics Mathematics Approach; Student Creativity.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika dengan p-ISSN : 2808-8832 dan e-ISSN : 2808-8670. Jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang Pendidikan Matematika, Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan ...