Relevan
Vol 2 No 1 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PERBEDAAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE NHT

Rafiqah Yusra Lubis (UIN SUMATERA UTARA)
Amiruddin Siahaan (UIN SUMATERA UTARA)
Ella Andhany (UIN SUMATERA UTARA)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe NHT pada materi SPLTV kelas x. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa/siswi kelas X sebanyak 4 kelas yang berjumlah 120 siswa. Dipilih sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas X-1 dengan jumlah 30 siswa untuk eksperimen 1 dan kelas X-2 dengan jumlah  30 siswa untuk eksperimen 2. Analisis data dilakukan dengan uji-t. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe NHT pada materi SPLTV kelas x. Dengan menggunakan hasil uji-t, yakni di peroleh nilai yang signifikansi 0,508.2) Tidak terdapat perbedaan signifikan kemampuan komunikasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe NHT pada materi SPLTV kelas x. Dengan menggunakan hasil uji-t, yakni di peroleh nilai yang signifikansi 0,189. 3) Terdapat hubungan yang positif antara kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe NHT terhadap hasil belajar siswa  pada materi SPLTV kelas x. Dengan menggunakan uji korelasi, yakni di peroleh nilai yang signifikansi 0,000. ABSTRACT   This study aims to determine the differences in the problem solving and communication skills of students who are taught with the Jigsaw type cooperative learning model and the NHT type in the SPLTV class x material. This research is a quantitative research, with a quasi- experimental type of research. The population is all students of class X Academic Year as many as 4 classes totaling 120 students. Two classes were selected as samples, namely class X-1 with a total of 30 students for experiment 1 and class X-2 with a total of 30 students for experiment 2. Data analysis was performed by t-test. These findings indicate that: 1) There is no significant difference in the problem-solving abilities of students taughtby the Jigsaw type cooperative learning model and the NHT type in the SPLTV class x material. By using the results of the t-test, which is obtained a significant value of 0.508.2) There is no significant difference in students' communication skills taught by the Jigsaw type cooperative learning model and the NHT type in the SPLTV class x material. By using theresults of the t-test, which is obtained a significance value of 0.189. 3) There is a positive relationship between problem solving and communication skills of students who are taught with Jigsaw and NHT cooperative learning models on student learning outcomes in SPLTV class x material. By using the correlation test, which is obtained a significance value of0.000. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika dengan p-ISSN : 2808-8832 dan e-ISSN : 2808-8670. Jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang Pendidikan Matematika, Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan ...