Relevan
Vol 2 No 1 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PEMBELAJARARAN MEANS END ANALYSIS DAN MISSOURI MATHMATICS PROJECT TERHADAP PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS

Meutia Silvi (UIN SUMATERA UTARA)
Syarbaini Saleh (UIN SUMATERA UTARA)
Reflina (UIN SUMATERA UTARA)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana populasinya adalah seluh kelas XI MIA MAS PAB 2 Helvetia T.P 2020/2021. Sempel yang digunakan  terdiri dari dua kelas yang ditentukan dengan teknik sampling Purposive Sampling.Teknik yang tepat untuk mengumpulkan data kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir keritis adalah melalui tes berbentuk uraian. Sedangkan u ntuk mengetahui pengaruh antara variabel menggunakan analisis Regresi. Hasil temuan menunjukkan (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dan Missouri Mathematic Project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah di kelas XI MAS PAB 2 Helvetia, dengan  Fhitung    (12,944) > Ftabel (3,30). (2)Terdapat pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dan Missouri Mathematic Project (MMP) terhadap kemampuan Berpikir Keritis siswa di kelas XI MAS PAB 2 Helvetia, dengan  Fhitung    (11, 383) > Ftabel (3,30 ). (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dan Missouri Mathematic Project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir keritis di kelas XI MAS PAB 2 Helvetia, dengan  Fhitung    (46,411) > Ftabel (3,99).Simpulan penelitian ini adalah menjelaskan bahwa kemempuan pemecahan masalah dan kemempuan berpikir keritis siswa yang diajar dengan model Means Ends Analysis (MEA) dan Missouri Mathematic Project (MMP) memiliki pengaruh yang signifikan. ABSTRACT This study is a quantitative study, where the population is all class XI MIA MAS PAB 2 helvetia T.P 2020/2021. The sample used consisted of two classes determined by purposive sampling technique. The right technique to collect data on problem solving abilities and critical thinking skills was through a test in the form of a description. Meanwhile, to determine the effect between variables using regression analysis. The findings show (1) There is an effect of the Means Ends Analysis (MEA) and Missouri Mathematical Project (MMP) learning models on problem solving abilities in class XI MAS PAB 2 Helvetia, with Fcount (12.944) > Ftable (3.30). (2) There is an effect of the Means Ends Analysis (MEA) and Missouri Mathematical Project (MMP) learning models on the Critical Thinking ability of students in class XI MAS PAB 2 Helvetia, with Fcount (11, 383) > Ftable (3,30). (3) There is an effect of the Means Ends Analysis (MEA) and Missouri Mathematical Project (MMP) learning models on problem solving skills and critical thinking skills in class XI MAS PAB 2 Helvetia, with Fcount (46.411) > Ftable (3.99). Conclusion This research is to explain that the problem-solving skills and critical thinking skills of students who are taught with the Means Ends Analysis (MEA) and Missouri Mathematical Project (MMP) models have a significant effect.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika dengan p-ISSN : 2808-8832 dan e-ISSN : 2808-8670. Jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang Pendidikan Matematika, Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan ...