Relevan
Vol 2 No 2 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN REPRSENTASI MATEMATIS PADA MODEL PEMBELAJARAN CTL DAN PBL

Siti Suhaila Nasution (UIN Sumatera Utara)
Fauziah Nasution (UIN Sumatera Utara)
Asrul (UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran dan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) dan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi pelajaran relasi dan fungsi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTS Cerdas Murni Tembung. Pemilihan sampel diperoleh dengan tekni Cluster random sampling. Dari 4 kelas VIII akan dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu berupa tes kemampuan penalaran dan kemampuan representasi matematis, masing- masing tes berupa 5 butir soal uraian. Data dianalisi menggunakan ANAVA kemudian dilanjutkan dengan uji tuckey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran dan kemampuan representasi matematis yang diajar dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) lebih baik dibandingan dengan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning). ABSTRACT                      The study aims to determine the differences in the reasoning abilities and mathematicalrepresentation abilities of students who are taught using the CTL (Contextual teaching learning) model and the PBL (Problem based learning) model on the subject matter of relation and function. The research uses quantitative methods and the type of research used is quasi experimental reseath. The population used in thios study were all students of class VIII MTS Cerdas Murni Tembung. Sample selection was obtained by using cluster random sampling technique. From 4 class VIII will be chosen randomly. The instrument used in data collection is a test of reasoning ability and mathematical representation ability, each test in the from of 5 essay the data were using ANOVA and then continued with the Tuckey test. The result of the study indicate that there are differences in reasoning abilities and mathematical representation ablities taught using the PBL (Problem Based Learning) model are better than the CTL (Contextual Teaching Learning) model.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika dengan p-ISSN : 2808-8832 dan e-ISSN : 2808-8670. Jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang Pendidikan Matematika, Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan ...